Jakarta (ANTARA) - Album solo pertama dari Suga BTS bertajuk "D-Day" dilaporkan telah terjual lebih dari 1.070.000 juta kopi pada hari debutnya Jumat (21/4), menurut data dari Hanteo Chart yang merupakan pelacak penjualan album di Korea Selatan.

Mengutip Yonhap, Sabtu, rekor penjualan album solo sebelumnya dibuat oleh Jimin BTS melalui album "Face" yang rilis pada bulan lalu dengan terjual sekitar 1.021.000 kopi pada hari pertamanya.

"D-Day" menandai proyek solo pertama Suga dalam tiga tahun sejak mixtape "D-2" yang rilis pada 2020. Album terbaru itu juga menandai bagian terakhir dari trilogi "Agust D", yang dimulai dengan mixtape "Agust D" (2016) dan "D-2".

"D-Day" terdiri dari 10 lagu, di antaranya yaitu "Haegeum", lagu prarilis "People Pt. 2 (Feat. IU)", "D-Day", "Huh?! (Feat. J-Hope)", "Amygdala, " "SDL", "Interlude: Dawn", dan "Snooze (Feat. Ryuichi Sakamoto, Kim Woo-sung dari The Rose)".

Lagu yang juga masuk dalam album tersebut termasuk "Life Goes On", sebuah lagu hit dari BTS yang diintepretasikan ulang oleh Suga dalam versinya sendiri. Seluruh lagu dalam album "D-Day" ditulis dan disusun oleh Suga BTS sendiri.

Menurut BigHit Music, lagu utama "Haegeum" pada Sabtu pagi menduduki puncak tangga lagu Top Songs iTunes di 86 negara di seluruh dunia, termasuk Inggris, Jerman, dan Prancis. Sementara video musiknya telah melampaui 10 juta penayangan di YouTube.

Album "D-Day" juga memulai debutnya di posisi teratas di tangga lagu iTunes Top Album di 67 negara. Di Korea Selatan, lagu "People Pt. 2 (Feat. IU)" dan "Haegeum" masing-masing berada di peringkat No. 4 dan No. 37 di tangga lagu Top 100 Melon pada waktu yang sama.

Baca juga: Suga BTS jujur lewat "D-Day" hingga aplikasi kartu ucapan Lebaran 2023

Baca juga: "People Pt.2" Suga BTS dan IU sapu tangga lagu iTunes

Baca juga: Tiket konser solo Suga BTS di ICE BSD mulai dijual 27 Maret

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023