Jakarta (ANTARA) - Perpustakaan Provinsi Liaoning, yang terletak di Kota Shenyang di Liaoning, China timur laut, merupakan rumah bagi koleksi 610.000 karya buku kuno.  

Wang Bin, yang gemar membaca sejak kecil dan mengejar cita-citanya dengan mempelajari manajemen perpustakaan, memimpin tim restorasi di pusat perpustakaan itu untuk merestorasi buku-buku kuno.  

Tergantung pada tingkat kerusakannya, proses restorasi itu dapat memakan waktu dari beberapa pekan hingga satu tahun, dan setiap langkah harus dilakukan dengan hati-hati tanpa kesalahan apa pun.

"Selama proses restorasi, saya dapat menjalin koneksi dengan para leluhur melintasi waktu dan ruang melalui buku-buku tersebut," ujar Wang. Akhir-akhir ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajari cara merestorasi buku-buku kuno. Bagi Wang, dia sesekali pergi ke kampus dan memberikan kuliah kepada para mahasiswa yang mengambil jurusan terkait.

Dengan menunjukkan keterampilannya dalam merestorasi buku-buku kuno, Wang berharap semakin banyak penggemar buku akan lebih menghargai koleksi mereka dibandingkan sebelumnya. 
 
Wang Bin merestorasi sebuah buku di Perpustakaan Provinsi Liaoning di Kota Shenyang di Provinsi Liaoning, China timur laut, pada 21 April 2023. (Xinhua/Pan Yulong)Wang Bin mengajar para mahasiswa di Akademi Seni Rupa Luxun di Kota Shenyang di Provinsi Liaoning, China timur laut, pada 20 April 2023. (Xinhua/Pan Yulong)
 
Wang Bin mengajar para mahasiswa di Akademi Seni Rupa Luxun di Kota Shenyang di Provinsi Liaoning, China timur laut, pada 20 April 2023. (Xinhua/Pan Yulong)Wang Bin merestorasi sebuah buku di Perpustakaan Provinsi Liaoning di Kota Shenyang di Provinsi Liaoning, China timur laut, pada 21 April 2023. (Xinhua/Pan Yulong)
 
Wang Bin merestorasi sebuah buku di Perpustakaan Provinsi Liaoning di Kota Shenyang di Provinsi Liaoning, China timur laut, pada 21 April 2023. (Xinhua/Pan Yulong)Wang Bin merestorasi sebuah buku di Perpustakaan Provinsi Liaoning di Kota Shenyang di Provinsi Liaoning, China timur laut, pada 21 April 2023. (Xinhua/Pan Yulong)
 
Wang Bin merestorasi sebuah buku di Perpustakaan Provinsi Liaoning di Kota Shenyang di Provinsi Liaoning, China timur laut, pada 21 April 2023. (Xinhua/Pan Yulong



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023