Kapal Nggapulu mengangkut 619 penumpang tujuan Surabaya dan Kapal Bukit Raya mengangkut 454 penumpang tujuan Bangka
Jakarta (ANTARA) - Pos Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Pelabuhan Tanjung Priok mencatat hari ini ada 1.073 penumpang kapal laut yang berlayar dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara.
 
Petugas Pos Koordinasi Irvan Razi mengatakan para penumpang berangkat menggunakan dua kapal laut yakni KM Bukit Raya dan KM Nggapulu.
 
"Kapal Nggapulu mengangkut 619 penumpang tujuan Surabaya dan Kapal Bukit Raya mengangkut 454 penumpang tujuan Bangka," ujarnya saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa.
 
KM Bukit Raya berangkat pukul 07.30 WIB, sedangkan KM Nggapulu berangkat pukul 10.05 WIB.
 
Berdasarkan data kumulatif yang dirangkum sejak 7 April sampai 25 April 2023 pukul 09.00 WIB, total pemudik yang naik dan turun mencapai 29.253 orang. Jumlah itu lebih banyak 67,77 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 17.436 orang.

Baca juga: Arus balik pemudik terpantau landai di Pelabuhan Tanjung Priok
 
Sebanyak 14 unit kapal laut yang terdiri dari sembilan unit kapal pemerintah dan lima unit kapal swasta melayani pelayaran para pemudik di Pelabuhan Tanjung Priok. Mayoritas rute yang dilayani oleh kapal-kapal itu ke wilayah timur Indonesia, seperti Makassar, Ambon, Papua.
 
Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok mengandalkan pemeriksaan menggunakan mesin pemindai Sinar X untuk memeriksa barang-barang penumpang. Total ada tiga unit mesin Sinar X yang dipasang dengan rincian dua mesin pada pintu keberangkatan dan satu mesin pada pintu kedatangan.
 
Sampai H+3 Lebaran 2023, suasana arus balik masih terpantau landai di Pelabuhan Tanjung Priok. Aktivitas pelayaran yang ramai diperkirakan mulai Rabu 26 April 2023.
 
"Besok ada tiga kapal yang dijadwalkan tiba di sini yaitu Dobonsolo, Umsini, dan Kelud," ujar Irvan.

Baca juga: Kisah keluarga pemilir bermalam sepekan di Pelabuhan Tanjung Priok

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023