Jakarta (ANTARA) - Merawat kulit tidak hanya penting dilakukan wanita, tapi juga pria. Perlu diketahui, pria ternyata lebih rentan mengalami masalah kulit karena mereka menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan, termasuk di saat matahari sedang sangat terik.

CEO Good Health Company Samarth Sindhi memberikan beberapa kiat yang dapat dilakukan pria untuk merawat kulit saat menghadapi cuaca panas, sebagaimana disiarkan Hindustan Times belum lama ini.

Pertama, bersihkan wajah. Membersihkan wajah harus menjadi yang pertama dilakukan sebelum yang lain dan lakukan dua kali sehari karena kulit menghasilkan sebum yang membuat kulit tampak berminyak.

Baca juga: Pria juga butuh perawatan kulit

Kedua, eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit. Cobalah lakukan eksfoliasi dengan bahan yang mudah ditemukan, seperti gula dan madu.

Ketiga, gunakan toner untuk mengecilkan pori-pori. Keempat, oleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.

Terakhir, oleskan tabir surya yang mengandung SPF, minimal 30 menit sebelum keluar rumah. Penggunaan tabir surya akan mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit akibat sinar UV.

Sementara itu, agar kulit bebas dari jerawat, Dr Akshay Batra menambahkan tiga langkah perawatan cepat yaitu mencuci muka 2-3 kali sehari dengan sabun cuci muka yang mengandung echinacea, mengoleskan hydrating gel pada wajah setelah mandi, dan gunakan tabir surya berbahan dasar air dengan SPF 30-50 untuk melindungi dari sinar UV.

Beberapa tips gaya hidup juga perlu diikuti seperti mengelola stres, latihan pernapasan dalam atau yoga, dan minum air putih yang cukup.

"Juga jangan pernah memencet jerawat Anda dan jangan melakukan pengobatan sendirian," katanya.

Baca juga: Tiga rangkaian "skincare" pria untuk kulit wajah sehat

Baca juga: Lima rekomendasi "skincare" untuk pria

Baca juga: Tips bebas kucel untuk pengendara motor

Penerjemah: Suci Nurhaliza
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023