Sektor farmasi terangkat 1,9 persen, didorong oleh kenaikan 2,1 persen di AstraZeneca
Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris menguat pada awal perdagangan Kamis, dengan indeks FTSE 100 menghentikan penurunan beruntun tiga hari karena pasar menyambut pembaruan perusahaan yang optimis, sementara saham Capricorn Energy jatuh karena kerugian operasi setahun penuh.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berorientasi ke pasar luar negeri terkerek 0,1 persen pada pukul 07.17 GMT, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang berorientasi ke pasar domestik kehilangan 0,2 persen.

Sektor farmasi terangkat 1,9 persen, didorong oleh kenaikan 2,1 persen di AstraZeneca setelah pembuat obat itu mengalahkan ekspektasi untuk laba dan pendapatan kuartal pertama, dibantu oleh penjualan obat-obatannya di pasar negara berkembang.

Sektor perbankan menambahkan 0,7 persen, dipimpin oleh Barclays yang menguat 2,7 persen setelah laba kuartal pertama pemberi pinjaman itu melebihi ekspektasi karena kinerja yang kuat dari bisnis kartu kredit mengimbangi tekanan pada lini bisnis lainnya.

Saham Unilever terdongkrak 1,3 persen setelah menghancurkan perkiraan penjualan triwulanan karena kenaikan harga yang besar hanya memicu sedikit penurunan volume.

Capricorn Energy terpuruk 6,2 persen setelah perusahaan membukukan kerugian operasi sebesar 160 juta dolar AS dari operasi yang dilanjutkan, karena eksplorasi yang gagal di luar Mesir serta biaya penurunan nilai.

Baca juga: Saham Inggris ditutup melemah, indeks FTSE 100 terpangkas 0,49 persen
Baca juga: Saham Inggris dibuka melemah, indeks FTSE 100 turun untuk hari ketiga

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023