Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 228 pebasket muda asal Cirebon bakal bertanding di City Selection Mandiri 3X3 Indonesia Tournament City seri Jawa Barat yang akan digelar di GMC Arena Cirebon mulai Senin (1/5).

Turnamen bola basket Mandiri 3X3 Indonesia Tournament City seri Jawa Barat yang diadakan City Selection di kota Cirebon terdiri dari kelompok umur U-18 dan U-23 dengan kategori putra dan putri.

Ajang turnamen Mandiri 3X3 merupakan kerja sama antara PT Super Sport Sensation (SSS) Internasional dan PP PERBASI dengan dukungan Bank Mandiri sebagai ajang talent scouting untuk tim nasional basket ke depan.

“Ini kali pertama Mandiri 3X3 Indonesia Tournament hadir di Cirebon. Respon dari 228 pendaftar itu bagus sekali. Kami sangat siap membantu mereka mengembangkan kariernya sebagai pemain basket melalui Mandiri 3x3 Indonesia Tournament karena turnamen ini juga menjadi ajang talent scouting untuk timnas ke depan,” kata Direktur PT SSS International Azwan Karim kepada Antara, Minggu.

Project Director Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Chaerul Anwar Azis menambahkan, persaingan di city selection Cirebon ini nanti akan mendapatkan 12 tim dari semua kategori. Masing-masing finalis dan peringkat ketiga di kelompok umur U-18 dan U-23 putra putri melaju ke final provinsi seri Jawa Barat.

Final provinsi akan digelar di GOR Saparua, Bandung pada 7 Mei mendatang. Perwakilan city selection Cirebon akan diadu dengan perwakilan dari city selection Depok yang baru saja selesai digelar pada 29 April.

“Kami sangat apresiasi semangat para pebasket muda ini. Mereka antusias menunjukkan kemampuan selama turnamen. Ini artinya upaya kami untuk lebih mengenalkan bola basket 3X3 di kalangan pemuda mendapat respons baik dan tentu ini positif bagi masa depan bola basket 3X3 di Indonesia,” kata Chaerul Anwar Azis.

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament tahun ini merupakan edisi kedua. Ajang ini kali pertama diadakan pada 2022 yang dilangsungkan di DKI Jakarta, Jawa Barat (Bandung-Bogor), DIY Yogyakarta, Jawa Tengah (Semarang), dan Jawa Timur (Surabaya-Malang).

Tahun ini, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament tetap digelar di DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur namun beda venue City Selection. Tahun ini pelaksanaan City Selection dilakukan dengan menyasar kota-kota baru. Seperti di seri Jawa Timur melibatkan Lamongan yang tahun kemarin tidak ada. Untuk seri Jawa Barat, city selection dipusatkan di kota Cirebon dan Depok.

Baca juga: Turnamen basket Mandiri 3x3 jadi ajang pencarian bakat atlet baru
Baca juga: Pebasket potensial bermunculan dalam Indonesia 3X3 Tournament

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023