Jakarta (ANTARA) - Arus balik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, diperkirakan masih ada hingga pekan depan dengan jumlah yang terus menurun setiap harinya.

"Jumlah penumpang tiba dari arus balik kini sudah terus menurun. Namun diprediksi akan tetap ada hingga minggu depan," kata
​​​​​Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen di terminal tersebut pada Selasa.

Dia menjelaskan, pada H+10 lebaran, yakni pada tanggal 2 Mei 2023, jumlah penumpang arus balik sudah mulai menurun drastis dibandingkan dengan jumlah penumpang pada saat puncak arus balik, Jakarta Barat.

"Hari ini, pada tanggal 2 Mei 2023 atau H+10 lebaran, jumlah penumpang hingga pukul 13.00 WIB adalah sebanyak 956 orang, dengan 86 bus tiba," ungkap Zulkarnaen.

Baca juga: Sebanyak 4.329 pemilir telah tiba di Terminal Kalideres
Baca juga: Terminal Kalideres siapkan 10 unit Amari untuk arus balik

 
Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen sedang berada di depan latar monitor pemantauan terminal, Jakarta Barat, Selasa (2/5). (ANTARA/Redemptus Elyonai Risky Syukur)
​​​​​​​Zulkarnaen mengatakan, jumlah penumpang pada H+10 sudah mulai menurun jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pada saat tanggal puncak arus balik, yakni pada 29-30 April 2023.

"Pada tanggal 29 April, jumlah penumpang tiba hingga pukul 13.00 WIB sejumlah 2.495 orang dan pada 30 April hingga pukul 13.00 WIB sejumlah 4.329 orang. "Jadi jumlah penumpang tiba sudah mulai menurun drastis sejak puncak lebaran," tukasnya.

Zulkarnaen memperkirakan, jumlah penumpang pada H+10 lebaran akan terus bertambah hingga pukul 24.00 WIB.

Untuk asal penumpang arus balik, lanjut Zulkarnaen, ada yang dari Padang, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan NTB.

"Jadi hingga saat ini penumpang Sumatra, Bali dan NTB masih terus datang," ungkap Zulkarnaen.

Zulkarnaen menambahkan, penumpang dari arus balik lebaran akan tetap ada hingga minggu depan.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023