Bantul (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat kunjungan wisata sebanyak 255.758 orang ke destinasi daerah itu  selama libur hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah dan cuti bersama Lebaran 2023.

"Selama libur Lebaran 2023 dari tanggal 21 April sampai 1 Mei, destinasi Bantul dikunjungi sebanyak 255.758 wisatawan dengan pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp2,4 miliar," kata Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Aji di Bantul, Selasa.

Menurut dia, kunjungan wisata terbanyak ke objek wisata kawasan Pantai Parangtritis, yang menjadi satu dengan Pantai Depok, Gumuk Pasir, yaitu sebanyak 184.224 orang.

Kemudian yang masuk melalui pintu Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Samas sebanyak 38.106 orang, Pantai Pandansimo sebanyak 20.357 orang, disusul Pantai Gua Cemara sebanyak 5.936 orang, dan Pantai Kuwaru sebanyak 5.324 orang.

Dia mengatakan, kunjungan wisata ke Bantul terbesar terjadi pada Minggu (30/4) dengan jumlah 31.489 orang dengan penerimaan PAD pariwisata sebesar Rp300 juta, sedangkan hari hari lainnya rata-rata kurang dari 20 ribu orang per hari.

"Betul, kunjungan terbanyak di hari Minggu (30/4) tembus 30 ribu orang. Secara keseluruhan target kunjungan dan PAD selama libur Lebaran tercapai," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, dalam meningkatkan pelayanan dan kenyamanan wisatawan selama libur Lebaran, pihaknya menerjunkan ratusan personel gabungan untuk membantu kelancaran di beberapa titik TPR objek wisata.

Personel gabungan berasal dari Dinas Pariwisata dibantu dari Polsek, Polairud, Koramil, TNI AL, Polres, Dinas Perhubungan, tim pencarian dan pertolongan (SAR) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP ) yang bertugas setelah Lebaran sampai 1 Mei 2023.

"Juga diterjunkan ASN untuk monitoring dan membantu operasional selama libur Lebaran. Juga ada bantuan dari berbagai komunitas atau kelompok masyarakat untuk memperlancar arus kendaraan wisatawan yang menuju destinasi wisata," katanya.

Baca juga: Gerakan Jateng di Rumah Saja sebabkan kunjungan wisata turun di Bantul
Baca juga: Obama ingin lihat objek wisata di Puncak Becici Bantul
Baca juga: Dishub antisipasi lonjakan wisata menuju Parangtritis usai Lebaran
Baca juga: Destinasi wisata Bantul dikunjungi 40.489 orang pada tiga hari Lebaran

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023