Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Pendidikan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan fokus memperkuat sistem pengawasan jelang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2023 yang dimulai 8 Mei mendatang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM (K) dalam sambutannya pada sosialisasi pengawasan menyampaikan Unhas tengah menyiapkan segala kebutuhan untuk UTBK SNBT 2023, melalui hasil evaluasi pada pelaksanaan di tahun sebelumnya.

Pihaknya berharap para pengawas yang bertugas dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan peraturan dalam mengantisipasi terjadinya berbagai kecurangan yang dapat terjadi.

“Hari ini menjadi kesempatan kita bersama untuk menyatukan kesiapan diri serta kelengkapan fasilitas yang akan digunakan para peserta sehingga Unhas dapat memberikan ruang ujian yang aman dan nyaman, sehingga proses UTBK SNBT di Unhas dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” ujarnya.

Baca juga: Komik La Galigo Unhas raih perak di ISIF 2023 Turki

Baca juga: Mahasiswa Unhas berprestasi di Festival Teknologi ISIF Turki


Lebih lanjut, Prof Ruslin menyampaikan total jumlah peserta UTBK di Kampus Unhas akan diikuti oleh sebanyak 20.687 peserta ujian, dengan sebaran lokasi ujian yang terbagi di Kampus Unhas Tamalanrea dan Kampus Unhas Gowa.

Total 16 lokasi/posko, yakni terdapat 6 lokasi/posko di Kampus Gowa, dan 10 lokasi/posko di Kampus Tamalanrea, menggunakan total 40 ruang ujian dengan fasilitas komputer.

Pelaksanaan UTBK SNBT terbagi dalam dua gelombang, yakni pada gelombang 1 pada tanggal 8-14 Mei 2023 dan Gelombang 2 pada tanggal 22-28 Mei 2023.

Dalam arahannya, Rektor Unhas Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc., menyampaikan persiapan pelaksanaan UTBK SNBT ini menjadi bentuk komitmen Unhas untuk mengantisipasi terjadinya berbagai kecurangan dengan memperkuat pengawasan dalam dan luar ruangan ujian.

Diharapkan pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar, dan seluruh unsur yang terlibat dapat berkomitmen menciptakan proses ujian yang aman dan ketat dalam pengawasannya.*

Baca juga: Mahasiswa Unhas jadi delegasi Indonesia di ECOSOC Youth Forum PBB

Baca juga: Pertanian Unhas dapat dana Rp1,5 miliar dari PKKM Kemendikbudristek

 
Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa memberikan arahan pada sosialisasi pengawasan jelang UTBK-SNBT di Makassar, Rabu (3/5/2023). ANTARA/HO-Unhas

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023