New York (ANTARA) - Dolar menguat terhadap euro pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mengurangi laju kenaikan suku bunga, sehari setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin dan mengindikasikan bahwa pihaknya dapat menghentikan kenaikan lebih lanjut.

Kenaikan 25 basis poin ECB adalah yang terkecil sejak mulai mengangkatnya musim panas lalu, tetapi bank juga mengisyaratkan bahwa pengetatan lebih lanjut diperlukan untuk menjinakkan inflasi.

The Fed pada Rabu (3/5/2023) menghapus bahasa pernyataan kebijakannya yang mengatakan bahwa pihaknya "mengantisipasi" kenaikan suku bunga lebih lanjut akan diperlukan.

Namun, reaksi pasar relatif tenang, dengan euro dan yen gagal menembus kisaran baru-baru ini terhadap greenback. Mata uang tunggal telah naik terhadap dolar dalam beberapa bulan terakhir karena investor bertaruh keuntungan suku bunga dolar atas mata uang tunggal akan terus menurun.

Tetapi para analis mengatakan bahwa banyak dari langkah yang diharapkan itu mungkin sudah diperhitungkan, dengan fokus berikutnya kemungkinan besar adalah ketika bank sentral AS akan mulai memangkas suku bunga.

“Dinamika kebijakan moneter kurang lebih sepenuhnya diperkirkan di sini pada titik ini dalam hal siklus pengetatan, sekarang ini akan menjadi fokus pada taruhan kapan Fed mulai melonggarkan, seberapa banyak pelonggarannya dan bagaimana kaitannya dengan apa yang dilakukan bank sentral (lainnya),” kata Shaun Osborne, Kepala Strategi Valas di Scotiabank di Toronto.

Indeks dolar terakhir naik 0,15 persen menjadi 101,36. Indeks bertahan tepat di atas level terendah satu tahun di 100,78 yang dicapai pada 14 April, dan telah turun dari level tertinggi 20 tahun di 114,78 pada 28 September.

Euro turun 0,41 persen menjadi 1,1018 dolar. Mata uang tunggal mencapai level tertinggi 13 bulan di 1,1096 dolar minggu lalu. Dolar juga turun 0,34 persen menjadi 134,17 yen Jepang.

Pedagang berjangka dana Fed sekarang memperkirakan peluang sekitar 62 persen bahwa Fed akan mulai memangkas suku bunga pada Juli, menurut FedWatch CME Group.

Menambah argumen bahwa Fed akan segera mulai melonggarkan kondisi moneter masih ada kekhawatiran gejolak sektor perbankan.

Analis di Morgan Stanley mengatakan bahwa "kami pikir The Fed telah selesai menaikkan suku bunga. Tapi kami memperkirakan dolar AS akan naik," mencatat bahwa "penurunan imbal hasil obligasi pemerintah dapat menandakan lingkungan perdagangan risk-off, menyiratkan datangnya penguatan dolar AS."

Tingkat suku bunga yang lebih pendek cenderung jatuh karena meningkatnya kekhawatiran tentang sektor perbankan AS, kata para analis dalam sebuah laporan, ketika aset dana pasar uang terus tumbuh dan bank melihat lebih banyak arus keluar dalam simpanan.

Greenback mendapat dorongan singkat pada Kamis (4/5/2023) setelah data menunjukkan bahwa biaya tenaga kerja Unit AS - harga tenaga kerja per satu unit output - melonjak 6,3 persen di kuartal pertama, setelah meningkat pada kecepatan 3,3 persen pada kuartal keempat.

"Itu memberi dolar sedikit dorongan karena datang sedikit lebih tinggi dari yang diharapkan dan itu tidak benar-benar sepadan dengan cerita penangguhan Fed," kata Osborne.

Fokus utama ekonomi AS minggu ini adalah laporan pekerjaan Jumat untuk April, yang diharapkan menunjukkan bahwa pemberi kerja menambahkan 180.000 pekerjaan selama bulan tersebut, sementara laba rata-rata perusahaan diperkirakan meningkat pada tingkat tahunan sebesar 4,2 persen.

Sterling terakhir naik 0,10 persen pada 1,2580 dolar setelah mencapai 1,2593 dolar pada Kamis pagi, tertinggi sejak Juni 2022.

Greenback terakhir turun 0,87 persen terhadap krona Norwegia di 10,76 setelah bank sentral Norwegia menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin seperti yang diharapkan.

Baca juga: Euro dan sterling jatuh terhadap dolar di Asia, risiko inflasi mereda
Baca juga: Euro dan sterling melemah karena investor menilai prospek suku bungaBaca juga: Dolar lesu ketika euro dekati puncak 9-bulan dan yen menguat


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023