Jakarta (ANTARA) - Pembuat serial Matt Duffer dan Ross Duffer atau yang dikenal sebagai Duffer bersaudara mengumumkan bahwa produksi "Stranger Things" musim kelima ditunda karena faktor aksi mogok kerja penulis skenario yang tengah terjadi di Hollywood.

Hal tersebut disampaikan oleh kedua kreator dalam pernyataannya melalui akun Twitter Stranger Writers pada Sabtu (7/5) waktu setempat.

Proses penulisan skenario untuk musim kelima telah dilakukan mulai Agustus 2022, tak lama setelah musim keempat ditayangkan perdana.

"Duffer bersaudara di sini. Menulis (skenario untuk serial) tidak berhenti saat syuting dimulai. Meskipun kami bersemangat untuk memulai produksi dengan pemain dan kru kami yang luar biasa, hal itu tidak mungkin dilakukan selama pemogokan ini," tulis Duffer bersaudara. 

Baca juga: "Stranger Things" versi animasi bakal tayang di Netflix

Mereka pun berharap kesepakatan yang adil di tengah aksi mogok penulis itu dapat segera tercapai sehingga semua pemain dan kru dapat kembali bekerja.

Aksi mogok dilakukan oleh serikat pekerja yang tergabung dalam Writers Guild of America sejak Selasa (2/5). Menurut Variety, mereka menuntut perbaikan dalam masalah ketenagakerjaan di antaranya termasuk jam kerja minimum hingga upah minimum yang layak.

Kepada The Hollywood Reporter, sumber dari Netflix mengonfirmasi bahwa produksi pada musim kelima dan terakhir "Stranger Things" akan ditunda dalam waktu yang belum ditentukan. Namun, pihak Netflix enggan berkomentar lebih jauh.

Baca juga: Finn Wolfhard: Konyol jika "Stranger Things" lebih dari lima musim

Pada awal tahun 2022, Netflix mengonfirmasi bahwa musim kelima "Stranger Things" akan menjadi yang terakhir. Duffer bersaudara memiliki kesepakatan menyeluruh dengan Netflix.

Sebelum pemogokan penulis berlangsung, Duffer bersaudara dan Netflix tengah mengembangkan versi spin-off serta serial animasi "Stranger Things".

Musim kedua "Stranger Things" ditayangkan dengan jeda setahun setelah musim pertama diluncurkan. Sementara musim ketiga dan keempat terdapat jeda sekitar hampir tiga tahun. Produksi musim kelima yang tertunda diperkirakan akan menandai kesenjangan yang cukup besar lagi antar-musim "Stranger Things".

Baca juga: "Stranger Things 5" tak akan tambah karakter baru

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023