Yogyakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Ova Emilia mengatakan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2023 pada hari pertama di beberapa lokasi di Kampus UGM Yogyakarta berlangsung lancar.

"Tadi ada kendala terkait sistem secara nasional, sempat bermasalah, tetapi sudah bisa diatasi dan tidak ada peserta yang dirugikan," ujar Ova usai meninjau pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM Yogyakarta, Senin.

UTBK-SNBT yang berlangsung di UGM pada 2023 diikuti sebanyak 13.448 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia.

Selain itu, juga diikuti oleh satu orang difabel tunadaksa yang melaksanakan ujian di FKKMK dengan fasilitasi pendampingan oleh Pokja Peduli Difabel UGM selama mengikuti tes.

Baca juga: Ketua SNPMB sebut UTBK-SNBT hari pertama berjalan tanpa kendala

Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni Arie Sujito mengatakan bahwa UGM berkomitmen memfasilitasi seluruh peserta ujian baik dari sisi kesehatan, aksesibilitas, dan lainnya.

UGM, kata dia, juga komitmen menjunjung integritas dengan mengantisipasi adanya tindakan kecurangan dalam pelaksanaan ujian.

"Jadi, kita mengupayakan langkah untuk mendeteksi kecurangan melalui pemeriksaan pada seluruh peserta sebelum memasuki ruang ujian. Hal ini dilakukan untuk membangun kepercayaan di awal bahwa ujian diselenggarakan secara profesional," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Pusat UTBK-SNBT UGM Prof Wening Udasmoro menambahkan bahwa dalam pelaksanaan ujian pada tahun ini sama dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: Rektor UNM tidak tolerir pihak yang cederai pelaksanaan UTBK-SNBT

Menurut dia, peserta masih diwajibkan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 di antaranya memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak.

"UGM juga menyiapkan tim kesehatan yang selalu memantau kesehatan peserta ujian," kata dia.

Menurut dia, UGM sebagai salah satu Pusat UTBK-SNBT menyelenggarakan 11 sesi tes yang bertempat di 12 lokasi di lingkungan UGM.

Dalam satu hari, kata dia, pelaksanaan UTBK-SNBT terdiri atas dua sesi dimulai sesi pagi pukul 06.45-10.00 WIB, sedangkan sesi siang dilaksanakan pukul 12.30-16.15 WIB.

Baca juga: 3.854 peserta ikuti UTBK-SNBT 2023 di kampus UI

Pusat UTBK-SNBT UGM menyelenggarakan UTBK SNBT hanya dalam periode gelombang satu saja yang tersebar di 12 lokasi yaitu Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran Gigi, FKKMK, Fakultas MIPA, Gedung Suhardi Sigit Departemen Ekonomika dan Bisnis SV, Gedung Magister Manajemen (MM), Gedung Magister Ekonomi Publik (MEP), Perpustakaan Pusat UGM, dan Gedung TILC Sekolah Vokasi UGM.
 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023