Denpasar (ANTARA) - Pemerintah Kota Denpasar, Bali, berharap ada peningkatan kerja sama ekonomi dan pariwisata dengan Inggris, terutama setelah masa pandemi COVID-19.

"Mewakili Bapak Wali Kota Denpasar, kami ucapkan terima kasih atas dukungan pihak Inggris kepada kami," kata Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana saat menerima Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins di Denpasar, Kamis.

Owen Jenkins melakukan kunjungan ke Kantor Wali Kota Denpasar untuk berpamitan karena akan segera mengakhiri masa jabatannya pada bulan Juli 2023.

Alit Wiradana menambahkan, saat ini Kota Denpasar tengah berupaya mengembangkan sektor UMKM sebagai bentuk penguatan bidang kewirausahaan, salah satunya lewat ajang kesenian dan kebudayaan seperti Denpasar Festival dan D'Youth Festival.

Pihaknya berharap melalui kegiatan festival itu turut pula mengundang perhatian turis mancanegara, tak terkecuali asal Inggris untuk dapat berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Bali itu.

"Sesuai dengan visi kami, yakni Denpasar MAJU (Makmur, Aman, Jujur, Unggul) berbasis budaya dan kreatif, kami ingin lebih meningkatkan lagi sektor UMKM yang bisa dikolaborasikan dengan bidang pariwisata," ujarnya.

Harapannya dengan ajang tersebut terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas kunjungan wisatawan ke Denpasar.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins menyatakan ucapan terima kasih atas segala bentuk kerja sama yang terjalin antara pihak Inggris dan Pemkot Denpasar di berbagai sektor.

"Terima kasih atas kesempatan kerja sama yang telah banyak kita lakukan. Terutama dalam bidang pendidikan, yakni dalam hal pemberian pelatihan berbahasa Inggris oleh lembaga British Council. Hal ini tentu bentuk upaya kami berkaitan dengan peningkatan mutu dan kualitas pengembangan bahasa Inggris di Kota Denpasar," ujarnya.

Owen Jenkins juga menawarkan soal kemungkinan pengembangan bentuk kerja sama pihak Inggris dan Pemkot Denpasar dalam bidang lingkungan, kewirausahaan dan bidang potensial lainnya.

"Banyak bidang potensial yang bisa dikembangkan lagi. Saya berharap, kerja sama ini dapat dikembangkan dengan tujuan peningkatan mutu masing masing pihak," ucapnya.

Baca juga: Pemkot Denpasar-Kota Darwin kerja sama promosi ekonomi kreatif

Baca juga: Indonesia-Yunani akan perkuat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023