Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz akan kembali ke peringkat satu dunia dengan mengalahkan sesama petenis Spanyol Albert Ramos-Vinolas dalam pertandingan pertamanya di Italian Open, Roma, Sabtu waktu setempat.

"Bagi saya tidak banyak berubah menjadi unggulan nomor satu atau nomor dua. Saya hanya fokus pada turnamen dan permainan saya," kata Alcaraz seperti disiarkan AFP, Minggu.

Alcaraz yang sedang dalam performa terbaiknya memastikan diri kembali ke posisi teratas hanya dengan turun ke lapangan untuk memainkan pertandingan babak kedua di Roma, di mana ia mencari kemenangan turnamen yang ketiga berturut-turut tahun ini.

Petenis berusia 20 tahun, yang mengalahkan Ramos-Vinolas 6-4, 6-1, itu akan menyalip Novak Djokovic sebagai petenis nomor satu dunia dan dipastikan menjadi unggulan teratas di French Open akhir bulan ini.

Ia lolos dalam pertandingan yang terlambat dimulai beberapa jam karena hujan deras yang mengguyur ibu kota Italia itu.

"Kondisi di sini tidak mudah, hujan, menunggu sepanjang hari, tidak tahu apakah saya akan bermain atau tidak. Sulit," ucap Alcaraz.

Baca juga: Alcaraz berhasil pertahankan gelar Madrid Open

Petenis Spanyol itu menjadi petenis nomor satu dunia termuda berkat kemenangannya di US Open September lalu, sementara Djokovic ditolak masuk ke Amerika Serikat karena status vaksinasi COVIDnya.

Alcaraz akan memulai pekan ke-23 di peringkat satu dunia pada 22 Mei.

Unggulan kedua itu tiba di Roma dengan performa bagus setelah meraih gelar lapangan tanah liat berturut-turut di Barcelona dan Madrid, dan ia berhasil mengalahkan Ramos-Vinolas.

Ia mengambil kendali pertandingan yang ternyata menjadi gim terakhir dari set pertama, mematahkan servis Ramos-Vinolas untuk memimpin dalam pertandingan yang berlangsung sengit.

Dari sana Alcaraz bergerak maju, melepaskan serangan pukulan bertubi-tubi yang membuat Ramos-Vinolas kebingungan. Alcaraz akan berhadapan dengan Jiri Lehecka atau Fabian Marozsan pada babak ketiga.

Sementara itu, peringkat kelima Stefanos Tsitspas akan menyusul Alcaraz ke babak ketiga ketika ia memimpin pertandingan melawan petenis Portugal Nuno Borges 6-4, 4-3 saat pertandingan dihentikan pada hari itu karena hujan.

Federasi Tenis Italia mengatakan bahwa pertandingan akan dimulai kembali pada Minggu pukul 11.00 waktu setempat atau 16.00 WIB, yang berarti Daniil Medvedev dan Alexander Zverev harus menunggu pertandingan pembuka mereka.

Baca juga: Alcaraz raih penghargaan Laureus Breakthrough Of The Year 2023

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023