Jakarta (ANTARA) - Sekitar 13 ribu pelari dari berbagai kalangan atlet maupun nonatlet, baik dari dalam dan luar negeri, akan menyemarakkan Maybank Marathon 2023 yang diadakan di Bali pada 27 Agustus.

"Total pelari kami perkirakan lebih dari 13 ribu untuk semua kategori," kata Direktur Projek Maybank Marathon Widya Permana kepada pewarta di Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta, Minggu.

Maybank Marathon 2023 tahun ini membuka tiga kategori lari yaitu untuk lari 10km, half marathon, dan marathon.

"Pertama kali di Maybank Marathon ini untuk kategori 10km kemarin terjual habis dalam waktu sehari, half marathon dalam dua hari habis, untuk full marathon mungkin hari ini tinggal beberapa saja. Untuk penjualan ini tertinggi dibanding event-event sebelumnya," ungkap Widya Permana.


Ajang yang pertama kali diselenggarakan pada 2012 itu telah memperoleh label elit dan masuk dalam kalender tahunan World Athletics.

Pria yang kerap disapa Pak Cheppy itu menjelaskan bahwa euforia dari peserta begitu tinggi karena pandemi yang sudah usai, sementara untuk tahun lalu masih terjadi pembatasan terutama untuk peserta dari luar negeri.
 
Direktur Projek Maybank Marathon Widya Permana (kanan) saat diwawancarai pewarta seusai acara road to Maybank Marathon 2023 di kafe Titik Kumpul, Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta, Minggu (14/5). (Fajar Satriyo)


Selain itu Maybank Marathon 2023 juga menjalin kerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) dan ajang Bangsaen 42 Chonburi Marathon dari Thailand.

Bentuk kerja sama dengan PB PASI yaitu ajang Maybank Marathon 2023 menjadi salah satu lomba kualifikasi untuk PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara.

"Maybank Marathon 2023 ini menjadi salah satu event kualifikasi di ajang PON berikutnya di Aceh-Sumatera Utara. Untuk jumlah pelarinya nanti ditentukan dari PB PASI yang akan mengikuti kualifikasi PON nantinya," kata Widya Permana.

Sementara untuk kerja sama yang dijalin dengan Bangsaen merupakan sumbangsih Maybank untuk memperluas hubungan dengan ajang serupa yang berada di Asia Tenggara.

Baca juga: Jakarta gelar LPS Monas Half Marathon pada 2 Juli
Baca juga: Maybank Marathon kembali hadir di Bali pada 27 Agustus

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023