tapi sampai tadi tidak ada kejelasan
Batam (ANTARA) - Partai Garuda hingga batas waktu terakhir pendaftaran pada Minggu (14/5) pukul 23.59 WIB tidak ikut mendaftarkan bakal calon legislatif (caleg) untuk mengikuti Pemilu 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam

“Partai yang tidak mendaftar itu Partai Garuda, sampai tadi, kami tutup pendaftaran tidak datang ke KPU,” kata Ketua KPU Kota Batam Martius di Batam Kepulauan Riau, Senin dini hari. 

Dengan absennya  Partai Garuda di KPU, maka, katanya, dipastikan partai tersebut tidak mengusung bakal calon anggota DPRD Kota Batam pada Pemilu 2024.

Dia mengatakan, untuk Partai Garuda ini pihaknya sudah berulang kali berkomunikasi terkait pendaftaran bakal caleg.

Namun hingga mendekati penutupan pendaftaran, tidak ada kejelasan dari partai tersebut.

“Sebenarnya kami sudah komunikasi dari hari-hari sebelumnya, tapi sampai tadi tidak ada kejelasan,” ujarnya.

Delapan partai politik lainnya yang turut mendaftarkan ke KPU Batam pada hari terakhir, di antaranya Partai Golkar, Perindo, PKN, PSI, Partai Umat, Partai Gelora dan Partai Buruh.

Jadi, lanjutnya, KPU Kota Batam telah menerima pendaftaran bakal caleg untuk DPRD Kota Batam periode 2024 sebanyak 17 partai politik.

Ia menjelaskan, pada umumnya partai politik mendaftarkan 50 orang bakal caleg untuk DPRD Kota Batam, sesuai jumlah kursi yang diperebutkan dalam Pemilu Legislatif 2024.

Selanjutnya, setelah ini kata dia, KPU Batam akan melakukan tahapan verifikasi terhadap berkas pendaftaran bakal caleg masing-masing partai politik mulai 15 Mei 2023 sampai 23 Juni 2023.

Proses verifikasi itu bertujuan untuk memastikan keabsahan persyaratan tiap-tiap bakal caleg, sehingga jika ada berkas yang masih kurang atau salah akan dikembalikan ke partai bersangkutan guna dilakukan perbaikan.

"Barangkali ada pergantian atau bakal caleg mengundurkan diri, juga kita berikan keleluasaan kepada partai politik bersangkutan," katanya.

Baca juga: Partai Garuda tidak mendaftarkan bakal caleg ke KPU Situbondo
Baca juga: KPU Samarinda: Partai Garuda absen daftarkan bakal caleg


Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023