Jakarta (ANTARA) -
Pemenang tiga medali emas SEA Games 2023 Janis Rosalita Suprianto berusaha memaksimalkan media sosial untuk memperkenalkan cabang olahraga yang ditekuninya yakni fin swiming.
 
Janis sangat produktif pada SEA Games 2023, dengan catatan memenangi medali emas dari nomor 50 meter permukaan putri, 100 meter permukaan putri, dan 200 meter permukaan putri. Ia juga menjadi salah satu perenang yang memenangi medali perak dari nomor 4x50 meter permukaan campuran.
 
"Biasanya memperkenalkannya lewat sosial media sih. Kadang aku juga menjelaskan fin swimming itu lewat Instagram, lewat sosial media yang aku pakai," kata Janis saat ditemui usai mengikuti upacara penyambutan atlet SEA Games di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin malam.
 
Pada partisipasinya di SEA Games sebelumnya, yakni di Vietnam pada 2022, Janis juga menyumbang dua medali emas dari nomor 50 meter permukaan putri dan 4 x 200 meter permukaan putri.
   
Dilihat dari koleksi medali pada SEA Games 2023, Janis dapat dikatakan cukup dominan. Namun ia menilai atlet-atlet dari negara lain juga memiliki kekuatan yang bagus pada cabang olahraga ini.
 
Atlet 27 tahun itu menyatakan bahwa atlet-atlet fin swimming Indonesia memiliki potensi untuk dapat mengukir prestasi di tingkat yang lebih tinggi lagi, terutama jika mereka semua dipersiapkan dengan baik.
 
"Iya, kita juga punya kesempatan untuk bersaing di sana (Asia). Kalau dipersiapkan dengan baik, persiapannya matang," yakin atlet yang pindah ke cabang olahraga fin swimming saat berusia sepuluh tahun itu, setelah sebelumnya menekuni olahraga renang.
 
Cabang olahraga fin swimming sempat lama tidak dipertandingkan di SEA Games setelah 2011 silam. Fin Swimming baru kembali dipertandingkan pada SEA Games 2021, dan tetap dipertandingkan pada gelaran tahun ini.
 
Indonesia berada di posisi kedua daftar klasemen umum fin swimming, di bawah Vietnam. Tim Indonesia total memenangi 21 medali, yang terdiri dari enam medali emas, sepuluh medali perak, dan lima medali perunggu.

Baca juga: Angel Gabriella belum puas dengan prestasinya di SEA Games 2023

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023