Jakarta (ANTARA) -
Kompetisi menata rambut Barber Battle Indonesia Season 2 persembahan MS Glow for Men tercatat diikuti 1.000 peserta yang sekaligus memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Founder MS Glow for Men sekaligus CEO J99 Corp Gilang W. Pratama mengharapkan kompetisi tersebut dapat memberi tambahan pengetahuan, menyalurkan bakat para barber, sekaligus menginspirasi dan memberi motivasi kepada lebih banyak tukang pangkas di Indonesia, agar melahirkan semakin banyak ide dan terobosan terbaru di dunia industri kreatif tata rambut.
 
"Profesi barber menjadi pilihan karir yang cukup menarik, karena tidak sebatas mencukur rambut. Kemampuan servis yang baik, jiwa artistik, update tren yang pergantiannya cukup cepat, hingga manajemen finansial dan marketing, sangat dibutuhkan untuk mereka yang ingin menjadi barber profesional," kata Gilang dalam siaran pers pada Selasa.
 
Kompetisi yang dimulai pada Februari 2023 itu memperebutkan total hadiah hingga Rp30 juta dengan Nando dari Jakarta sebagai juara pertama, Magfur dari Papua sebagai juara dua, dan Emzy dari Pekanbaru sebagai juara tiga.
 
Kompetisi tersebut meraih penghargaan dari MURI, untuk Kompetisi Menata Rambut dengan Peserta Terbanyak.
 
"Ini adalah sebuah pencapaian luar biasa, mengumpulkan lebih dari 1000 barber atau tukang cukur dari seluruh Indonesia, untuk kegiatan positif berkompetisi Bersama. Hal ini belum pernah dilakukan sebelumnya, dan merupakan sebuah rekor yang membanggakan," kata Bryan Razu Ramadhan, selaku perwakilan dari MURI yang menyerahkan penghargaan pada malam final Barber Battle Indonesia Season 2.

Baca juga: MS GLOW For MEN cari bibit pemangkas rambut terbaik

Program ini dilaksanakan bertujuan mendongkrak kreativitas sekaligus menaikkan pamor profesi pemangkas dan penata rambut Indonesia.
Kompetisi dimulai dengan audisi online bagi peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Berbekal video audisi yang menampilkan Before-After dan proses pengerjaan, seleksi dilakukan dalam lima babak untuk menentukan tiga besar.
 
"Audisi dilakukan secara online, agar bisa menjaring peserta dari kota mana pun di seluruh Indonesia. Hal ini diharapkan mendorong para tukang pangkas rambut di seluruh Indonesia lebih menyadari dan belajar, betapa pentingnya peran media sosial serta digital marketing di era sekarang," kata Afies Ramiro, salah satu Juri di Barber Battle Indonesia Season 2.

Selain Afies Ramiro yang merupakan owner dari “BURP Hair.co”, Barber Battle Indonesia Season 2 menghadirkan para juri yang merupakan para kapster terbaik di Indonesia: Sri Astuti, Michell Adriansz dan Tatang Wibowo. Keempatnya merupakan penata rambut yang memiliki banyak prestasi di dalam maupun luar negeri.
 
Tahun depan, Barber Battle Indonesia akan kembali diadakan sehingga para penata maupun pemangkas rambut bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Video Grand Final Barber Battle Indonesia Season 2 persembahan MS Glow for Men 2023 selengkapnya dapat dilihat di kanal YouTube MS Glow for Men Official.
 
 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023