Kami berharap pemahaman-pemahaman mengenai pemasaran dari PT. Bakul Indonesia nanti bisa ditransfer ke peserta Jakpreneur
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas (Sudin) Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Barat menargetkan program pelatihan non teknis  (soft skill) diikuti 1.600 peserta pada tahun 2023.

"Untuk tahun ini kami menargetkan pelatihan soft skill kepada 1.600 peserta dari seluruh Jakarta Barat," kata Kasudin PPKUKM Jakarta Barat, Iqbal Idham Ramidbazar di Jakarta, Selasa, usai mengunjungi pelatihan sablon hasil kolaborasi dengan PT. Rino Indonesia Sukses.

Iqbal melanjutkan, dari 1.600 peserta tersebut, 800 peserta diikutkan dalam pelatihan menggunakan dana APBD dan 800 peserta lainnya diikutkan dalam pelatihan program kolaborasi.

"Untuk pelatihan kolaborasi (non APBD), kami sudah menggandeng PT. Bakul Indonesia. Melalui pelatihan kolaborasi tersebut, kami menargetkan bagaimana produk-produk Jakpreneur  bisa diperluas pemasarannya," ungkap Iqbal.

Iqbal melanjutkan, untuk diketahui PT. Bakul Indonesia ini sudah memiliki riwayat ekspor ke beberapa negara seperti Singapura, Turki, dan beberapa negara lainnya. Kami berharap pemahaman-pemahaman mengenai pemasaran dari PT. Bakul Indonesia nanti bisa ditransfer ke peserta Jakpreneur.

Selain itu, lanjut Iqbal, pihaknya juga sudah menjalankan program kolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan, Bank DKI, Kementerian Perpajakan, dan beberapa mitra kolaborasi lainnya.

"Melalui pelatihan-pelatihan baik yang berbasis APBD ataupun berbasis kolaborasi ini, kami mengharapkan para peserta Jakpreneur memiliki skill tertentu dan mampu memasarkan produk mereka di bazar-bazar tingkat kecamatan, tingkat kota, Jakpreneur goes to mall dan bahkan lebih luas lagi," katanya.

Jakpreneur merupakan wadah yang dibentuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan pelatihan dan akses permodalan kepada warga untuk menjadi pengusaha.
Baca juga: PPKUKM Jakbar latih sablon Jakpreneur untuk ciptakan lapangan kerja
Baca juga: Pemprov DKI tekan harga pangan melalui pasar murah di Jakut
Baca juga: Sudin PPAPP Jakbar bina anggota JakPreneur sampai dapat modal usaha

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023