Saya yakin para petani tebu di sini punya komitmen yang cukup besar dan punya loyalitas menggilingkan tebu ke PG Assembagoes
Situbondo (ANTARA) - Pabrik Gula Assembagoes Situbondo, Jawa Timur, memperkirakan mampu menggiling tebu hingga mencapai 4.000 ton per hari pada musim giling 2023 meningkat dibandingkan tahun 2022 yang mencapai sekitar 3.000 ton per hari.

Direktur Utama PT Sinergi Gula Nusantara (SGN) atau SugarCo, Aris Toharisman mengatakan bahwa melihat kondisi dan persiapan giling Pabrik Gula Assembagoes tahun 2023 ini jauh lebih baik.

"Insya-Allah kami dapat mencapai target giling tebu 4.000 ton per hari,  saat ini tinggal Pak GM PG Assembagoes bagaimana mengkomunikasikan dengan para petani dan pemilik HGU dalam hal ini (PTPN XI) agar pasokan tebu sesuai dengan rencana (target 4.000 TCD)," katanya usai menghadiri pembukaan giling tebu tahun 2023 di PG Assembagoes Situbondo, Jatim, Rabu.

Sejauh ini komunikasi pihak PG Assembagoes dengan para petani di wilayahnya, menurut Aris, cukup bagus dan petani setempat juga punya komitmen giling tebunya di pabrik gula milik PT Perkebunan Nusantara XI itu.

Aris menjelaskan petani tebu di wilayah itu berkomitmen menggiling tebu di PG Assembagoes, jika pabrik gula tidak terlalu sering mengalami gangguan (trouble) atau kerap terjadi jam berhenti giling.

"Saya yakin para petani tebu di sini punya komitmen yang cukup besar dan punya loyalitas menggilingkan tebu ke PG Assembagoes," kata Aris.

Baca juga: Pengunjung wisata Pasir Putih Situbondo meningkat pada libur Lebaran

Sementara itu, Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat (APTR) Cabang Asembagus, Situbondo, H Anggi mengatakan siap merangkul dan memberikan pemahaman kepada para petani tebu di wilayah itu, agar menggiling tebu di PG Assembagoes.

"Kami akan terus memberikan pemahaman kepada petani tebu bahwa PG Assembagoes punya target giling tebu. Kami juga akan mengajak petani fokus giling tebu ke Asembagus dan tidak dijual keluar daerah," ujarnya.

Kapasitas giling tebu di Pabrik Gula (PG) Assembagoes Situbondo tahun ini ditargetkan bisa giling tebu hingga 4.000 ton per hari, dari kapasitas maksimal yang bisa mencapai 6.000 ton tebu per hari.

Sejak 2016, PG Assembagoes menjalani pengembangan dan modernisasi dengan anggaran sekitar Rp250 miliar menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2015 dan sisanya merupakan dana pendamping investasi PTPN XI.

Pengembangan dan modernisasi PG Assembagoes berupa peningkatan kapasitas giling dari 3.000 ton menjadi 6.000 ton per hari.

Baca juga: Gapasdap siapkan armada kapal layani rute Situbondo ke Indonesia Timur

Baca juga: Kapal Latih Bung Tomo angkut pemudik Situbondo-Madura urai penumpukan

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023