Kinerja legislasi FPKB secara konsisten mengawal RUU Desa segera disahkan dengan mengakomodir beberapa ketentuan yang mengangkat harkat desa dalam tatanan ketatanegaraan kita dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa,"
Jakarta (ANTARA News) - Kinerja Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) dalam Parlemen diharapkan menjadi modal untuk meraih kepercayaan publik dalam menyongsong Pemilu 2014.

Demikian benang merah dalam Rapat Kerja FPKB DPR RI tentang "Pemenangan Pemilu 2014" yang antara lain dihadiri Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Sekjen DPP PKB Imam Nachrowi dan Ketua FPKB Marwan Ja'far di Ruang FPKB DPR RI, Senayan Jakarta, Rabu.

Ketua FPKB DPR Marwan Ja'far dalam keterangan tertulisnya mengatakan, untuk mewujudkan kinerja yang optimal, diperlukan kapasitas FPKB DPR RI yang mumpuni, kuat, populer dan merakyat sehinga menjadi prasyarat utama tercapainya imej yang kuat FPKB DPR RI untuk mendapat kepercayaan publik untuk menghadapi Pemilu 2014.

Selain itu, untuk meningkatkan kinerja dan performance fraksi, maka diperlukan disiplin gerak, disiplin waktu, dan performance serta kinerja anggota FPKB yang mumpuni merupakan syarat penting bagi upaya mewujudkan seluruh visi, misi, dan target politik di parlemen dan meraih kepercayaan Publik (konstituen), baik bagi FPKB maupun PKB sendiri.

Untuk itu, katanya, diperlukan disiplin gerak kolektif dari seluruh anggota FPKB yang tercermin dalam tekad anggota FPKB untuk mewujudkan tujuan dan program partai dalam tugas-tugas keparlemenan, mengoptimalkan kerja-kerja politik FPKB menuju pemilu 2014, membangun komunikasi intensif dengan struktur PKB di bawah dan meningkatkan hubungan baik dengan kultur NU dan konstituen lainnya.

Marwan menjelaskan, Rapat Kerja FPKB DPR RI guna merancang agenda bersama, meningkatkan disiplin, kinerja dan performance anggota FPKB di parlemen dan menjaga komunikasi di Dapil menjelang Pemilu 2014 selama masa persidangan tahun 2013.

Rapat kerja itu diperlukan setiap tahunnya tidak saja untuk merancang program dan agenda perjuangan fraksi, melainkan juga sebagai media evaluasi terhadap seluruh aktivitas dan kinerja yang telah dilakukan, baik oleh fraksi maupun anggota fraksi selama tahun 2012.

Selain itu, untuk meningkatkan kinerja dan performance anggota Fraksi PKB DPR RI menuju Pemilu 2014 menjadi target sasaran rapat kerja tersebut, karena; (1) posisinya yang sangat strategis dalam rangka melakukan kontrol dan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan eksekutif, (2) fungsi legislasi, pengawasan dan budgeting.

Marwan menambahkan, selama tahun 2012 dalam peran dan fungsinya di Parlemen, FPKB telah berupaya mewujudkan sejumlah hal di atas semaksimal mungkin, terutama dalam pengawalan kebijakan publik, seperti FPKB secara konsisten mendukung petani tembakau untuk menolak RPP tembakau kalau diindikasikan RPP tembakau akan mengancam kesejahteraan petani.

"Kinerja legislasi FPKB secara konsisten mengawal RUU Desa segera disahkan dengan mengakomodir beberapa ketentuan yang mengangkat harkat desa dalam tatanan ketatanegaraan kita dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa," katanya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013