... saya dan warga lain melihat api keluar dari bengkel mesin jahit di kios tetangga... "
Jakarta (ANTARA News) - Kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah, bengkel, dan lokasi-lokasi usaha di Kelurahan Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis malam, diduga berawal-mula dari api di kompor gas di satu bengkel mesin jahit.

"Saya sudah mau pulang, tapi kembali lagi ke bengkel motor saya. Di situ saya dan warga lain melihat api keluar dari bengkel mesin jahit di kios tetangga," kata Nurija, saksi mata kebakaran yang terjadi pada pukul 20.20 WIB itu.

Jarak bengkel motor Nurija dan bengkel mesin jahit tempat api diduga berasal itu cuma sekitar 10 meter saja. Diketahui semua karyawan bengkel mesin jahit itu sudah pulang. "Di dalam bengkel mesin jahit itu memang ada kompor gasnya," kata Nurija.

Jadi, Nurija dan warga-warga lain yang menyaksikan awal kebakaran itu tidak bisa berbuat banyak karena api terlanjur cepat membesar. 

Dinas Pemadam Kebakaran DKI beserta suku-suku dinasnya mengerahkan 29 mobil pemadam kebakaran untuk menjinakkan api yang diketahui mulai membakar bangunan-bangunan sebagian besar terbuat dari kayu pada pukul 20.20 WIB itu.
 
Puluhan rumah dan tempat usaha warga setempat yang terbakar itu terletak di Jalan Jatibunder, Kelurahan Kebon Kacang. Kebanyakan terletak di RT016/009 di kelurahan padat penduduk itu. Hingga berita ini diturunkan, upaya pemadaman masih terus dilakukan petugas dibantu warga setempat.

Lalu-lintas di sekitar titik kebakaran kontan ditutup dari lalu-lalang kendaraan. Polisi menjaga upaya pemadaman selain keamanan lingkungan setempat. Lokasi kebakaran juga tidak jauh dari Pusat Perbelanjaan Grosir Tanah Abang

(I026)

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013