Jakarta (ANTARA) - Dalam pekan ini, masa pelunasan biaya perjalanan ibadah haji berakhir, status aktivitas Gunung Karangetang naik menjadi siaga, dan rob mengancam beberapa wilayah pesisir.

Selain itu, ada warta mengenai persiapan penyelenggaraan pelayanan haji dan penghargaan bagi kebun raya terbaik yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Calon haji yang melunasi biaya haji total 208.819 orang

Calon haji yang telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 1444 Hijriah/2023 sampai batas waktu pelunasan berakhir pada Jumat sore (19/5) seluruhnya 208.819 orang menurut data Kementerian Agama. "Dengan demikian, jamaah yang melunasi Bipih sudah melebihi kuota dasar secara nasional sebanyak 203.320 haji reguler," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab.

Petugas PPIH kesehatan diberangkatkan bersama kloter pertama

Sebanyak 129 anggota Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang kesehatan akan diberangkatkan bersama jamaah dalam kelompok terbang (kloter) pertama pada 24 Mei 2023. Mereka antara lain bertugas mempersiapkan penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi jamaah yang tiba di Tanah Suci.

PVMBG menaikkan status Karangetang menjadi siaga

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, dari waspada (Level II) ke siaga (Level III) pada 19 Mei 2023 pukul 10.00 WITA.

Rob berpeluang melanda pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadi banjir pesisir atau rob di pesisir selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari 18 sampai 24 Mei 2023.

Indrokilo dapat penghargaan sebagai kebun raya terbaik

Kebun Raya Indrokilo di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah, mendapatkan penghargaan sebagai kebun raya terbaik nasional. Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia Megawati Sukarnoputri menyerahkan penghargaan tersebut kepada perwakilan pengelola kebun raya dalam Temu Pengelola Kebun Raya Indonesia, BRIDA, dan Alumni Kalpataru di Kebun Raya Bogor pada Rabu (17/5).

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023