Palembang (ANTARA) - Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi menyambut Satgas Pengamanan Terbatas RI-Papua Nugini Kewilayahan Yonif Raider 142/Kesatria Jaya (KJ) dari Papua menggunakan KRI Tanjung Kambani di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Ahad.

Anggota Satgas berjumlah 400 orang di bawah Komando Danyonif Raider 142/KJ Letnan Kolonel Inf Esnan Haryadi, semuanya dalam kondisi selamat dan sehat serta berhasil melaksanakan tugas negara dengan baik.

Baca juga: Di perbatasan RI-TL, Satgas Pamtas bantu pindahkan makam warga

Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi saat memimpin upacara penyambutan Satgas Pengamanan Terbatas RI-PNG itu mengucapkan selamat telah berhasil menjalankan tugas selama 14 bulan di Papua dan kembali ke kesatuan yang bermarkas di wilayah Korem 042/Garuda Putih Jambi.

Semua prajurit diminta segera menyesuaikan dengan kesatuan dan jadilah prajurit pelopor yg kehadirannya didambakan masyarakat.

"Saya bangga dengan para prajurit Yonif Raider 142/Kesatria Jaya (KJ) yang dapat menyelesaikan tugas dengan baik meskipun ada penambahan waktu tugas dari rencana awal hanya sembilan bulan menjadi 14 bulan," ujarnya.

Baca juga: Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ bangun rumah adat

Menurut Pangdam, semua pengalaman tugas di Papua diharapkan bisa menjadi pelajaran dan bekal untuk melaksanakan tugas pengamanan kewilayahan berikutnya.

Berbagai hal yang dikerjakan, dialami dan dilihat di medan tugas tidak semuanya bisa diceritakan kepada keluarga dan orang-orang yang ada di sekitar tempat tinggal atau wilayah kesatuan (home base).

"Semua hal yang menjadi rahasia tentara tetap dijaga sebagai rahasia, jangan sampai dijadikan sebagai bahan pembicaraan apalagi sampai dipublikasikan melalui media sosial," ujar Pangdam.

Baca juga: Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ gagalkan penyelundupan BBM
Baca juga: Panglima TNI akan cek Satgas Yonif Raider 142/KJ pengaman perbatasan

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023