kawasan Hek akan segera dikerjakan Dinas SDA Provinsi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) memastikan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta untuk segera memperbaiki turap Kali Baru Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, guna mengantisipasi terjadinya genangan air.

"Untuk turap di Kali Baru Hek akan segera dikerjakan Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta pada Juli 2023," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar saat meninjau Kali Baru di kawasan Hek, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa.

Ia menjelaskan, hal itu untuk mengatasi genangan air yang sering kali terjadi di perempatan Hek, Jalan Raya Bogor, Kramat Jati.

Menurut dia, perbaikan turap sedikit terkendala karena adanya rumah-rumah di dekat turap, sehingga dikhawatirkan membahayakan jika terjadi longsor pada turap.

Baca juga: Perbaikan turap ambruk di Jatinegara ditargetkan selesai lima hari

"Saya melihat kondisi di lapangan turap Kali Baru Hek, kawasan ini sering terlimpas (terlampaui oleh air) ke jalan itu terkendala adanya rumah-rumah di dekat turap. Jadi, kita mau membetulkan turap tersebut," kata Anwar.

Perbaikan turap Kali Baru di kawasan Hek dilakukan dengan total panjang 1,2 kilometer. Perbaikan termasuk penyempurnaan dan perbaikan di Pintu Air Hek.

"Mudah-mudahan permasalahan di sini cepat terealisasi karena jika ada kiriman air dari Bogor dikhawatirkan akan tumpah ke jalan atau permukiman warga. Mudah-mudahan nanti setelah pengerjaan selesai tidak terjadi lagi permasalahan genangan di wilayah Hek Kramat Jati," ujarnya.

Hadir dalam peninjauan itu, yakni Camat Kramat Jati Igan Muhammad Faisal, Lurah Kramat Jati Karman, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jaktim Wawan Kurniawan, Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas SDA Jaktim Puryanto dan Kasatpel SDA Kecamatan Kramat Jati Mukhlis.

Baca juga: Suku Dinas SDA Jaksel perbaiki turap di Darmawangsa
Baca juga: Legislator harapkan perbaikan dinding turap Kali Angke jadi prioritas

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023