Gorontalo (ANTARA) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo, Wahyudin Katili mengatakan Rusia dan Uni Emirat Arab (UEA) berminat untuk mengikuti Asian Mini Football Championship (AMFC) yang digelar di Provinsi Gorontalo.

"Presiden International Mini Football (IMF) menaruh harapan besar suksesnya pelaksanaan AMFC 2023 nanti. Bahkan beliau menyampaikan saat ini Rusia dan UEA mengkonfirmasi bersemangat akan ikut serta dalam gelaran AMFC di Gorontalo,” kata Wahyudin melalui rilis yang diterima Antara, Rabu.

Undian grup beberapa pekan lalu kata Wahyudin, memberi efek berantai kepada Federasi Mini Football negara negara Timur Tengah. Pesona hiu paus, kuliner dan keramahtamahan warga Gorontalo membekas bagi delegasi luar negeri dan menjadi cerita baik dari mulut ke mulut.

"Saya tidak menyangka delegasi Irak, Yordania dan lainnya itu yang selalu menceritakan tentang Gorontalo kepada peserta lain. Hiu paus, kuliner dan keramahtamahan masyarakat Gorontalo menjadi bahan perbincangan. Bahkan Johni Nielsen dari Taiwan menyampaikan akan mengajak delegasi Perguruan Tinggi asal negaranya untuk hadir di Gorontalo" ungkap Wahyudin.

Ia menilai kepercayaan tersebut harus dimanfaatkan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten kota untuk promosi daerah. Pada gilirannya tujuan AMFC 2023 sebagai sport tourism atau wisata olahraga bisa terlaksana dengan baik.

Sejumlah acara pendukung juga disiapkan panitia untuk menyambut delegasi luar negeri. Festival Karawo, Hiu Paus Half Marathon 10K dan adventure off-road siap mendukung AMFC yang rencananya digelar 9-17 Agustus 2023.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo optimistis akan sukses menggelar Asian Mini Football Championship (AMFC) yang diikuti oleh 12 negara pada tanggal 9-17 Agustus mendatang.

Optimisme tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Wahyudin Katili berdasarkan hasil studi tiru yang dilakukan di ajang Piala Dunia Mini Football di Turki.


Baca juga: Tarsius jadi maskot Asian Mini Football Championship 2023
Baca juga: Gorontalo resmi tuan rumah Asian Mini Football Championship 2023
Baca juga: Pemprov upayakan sponsor untuk Kejuaraan Asia Mini Football

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023