penyemangat bagi lurah-lurah yang lain di Provinsi DKI
Jakarta (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun mempersiapkan 18 lurah se-DKI Jakarta untuk dapat menerima penghargaan Paralegal Academy.

Ibnu mengatakan ada 18 lurah di DKI Jakarta yang terpilih sebagai nominasi dalam acara Anugerah Paralegal Justice Award yang digelar di Jakarta. Para lurah mengikuti proses seleksi selanjutnya bersama 282 kepala desa atau lurah se-Indonesia.

"Anugerah Paralegal Justice Award ini diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi para kepala desa/lurah yang berprestasi, yang telah memberikan pengabdian terbaiknya untuk masyarakat, bangsa dan negara. Kami berharap para lurah di DKI Jakarta menjadi Lurah Paralegal Terbaik," kata Ibnu dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham DKI laksanakan Shalat Id di Lapas Cipinang

Adapun Anugerah Paralegal Justice Award ini diberikan dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kemenkumham dan Mahkamah Agung (MA) serta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) kepada kepala desa atau lurah yang berprestasi.

Selain berprestasi, lurah yang mendapat penghargaan tersebut dinilai memberikan pengabdian terbaiknya dalam menyelesaikan berbagai konflik atau sengketa di lingkungan warganya, sehingga menjadi motivasi para kepala desa/lurah seluruh Indonesia.

Saat ini sebanyak 300 lurah mengikuti Paralegal Academy sejak 29-31 Mei 2023 dan sebagai puncaknya Malam Penghargaan yang digelar pada 1 Juni 2023 atau bertepatan dengan hari lahir Pancasila.

Ibnu berharap salah satu dari 18 lurah DKI Jakarta dapat terpilih menjadi yang terbaik.

Adapun dalam penguatan itu, BPHN dan MA akan memberikan Penghargaan Paralegal Justice kepada para kepala desa/lurah sehingga dapat memberikan motivasi dan mendorong dedikasi mereka dalam bekerja dengan pengabdian dan karya terbaiknya.

Peran lurah sendiri penting dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan yang sadar dan taat pada hukum, rukun, damai, tenteram serta menjunjung tinggi nilai nilai Pancasila.

"Delapan belas lurah DKI Jakarta akan menjadi trigger, pemacu dan penyemangat bagi lurah-lurah yang lain di Provinsi DKI Jakarta dalam pengabdiannya menciptakan lingkungan yang aman dan humanis," kata Ibnu.


Baca juga: Kemenkumham DKI tekankan tiga kalapas-karutan baru berantas narkoba

Baca juga: Kanwilkumham DKI Jakarta optimalkan program intelijen lapas

Baca juga: Kemenkumham pastikan tidak ada kampung khusus WNA di Bali

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023