Bengaluru (ANTARA) - Bursa saham Inggris naik tipis pada awal perdagangan Kamis, dengan indeks FTSE 100 terangkat kenaikan sentimen global, sementara saham produsen sepatu Dr Martens mencatat hari terburuknya dalam lebih dari empat bulan, setelah memperingatkan kemungkinan mengalami penurunan pendapatan untuk tahun mendatang.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 yang berfokus ke pasar luar negeri terkerek 0,4 persen, karena investor lega bahwa RUU plafon utang AS berhasil melewati Dewan Perwakilan Rakyat, sementara harapan Federal Reserve menghentikan kenaikan suku bunga semakin mendukung sentimen pasar.

Sementara itu, indeks saham-saham berkapitalisasi menengah atau mid-caps FTSE 250 yang berorientasi ke pasar domestik menambah keuntungan kecil 0,2 persen, terbebani oleh penurunan 9,7 persen di Dr Martens PLC karena membukukan penurunan laba tahunan, mengutip investasi yang lebih tinggi untuk mengatasi rantai pasokan dan hambatan operasional.

Saham AstraZeneca PLC bertambah 0,6 persen setelah pembuat obat itu mengatakan kombinasi obat kankernya Lynparza dan Abiraterone telah disetujui di AS untuk pengobatan sejenis kanker prostat. Saham sektor kesehatan yang lebih luas juga terangkat 0,4 persen.

Pennon Group PLC merosot 2,3 persen setelah membukukan penurunan tajam laba tahunan karena pola cuaca ekstrem dan kenaikan biaya.


Baca juga: Saham Inggris berakhir melemah, indeks FTSE 100 merosot 1,01 persen
Baca juga: Saham Inggris dibuka melemah ke level terendah dua bulan
Baca juga: Saham Inggris berbalik melemah, indeks FTSE 100 tergerus 1,38 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023