Jakarta (ANTARA) - Petenis tunggal putra Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi berhasil melewati rintangan babak kedua untuk mengamankan tempat di perempat final turnamen MedcoEnergi M25K seri IV yang digelar di lapangan tenis Hotel Sultan, Jakarta, Kamis.

Peraih medali emas SEA Games Kamboja Rifqi yang turun menghadapi petenis Korea Selatan Lee Duckhee sukses mencetak hatrick kemenangan untuk ketiga kalinya atas lawannya meski harus berjuang rubber set 6-0, 3-6, 6-1.

Berdasarkan catatan hasil pertandingan, Rifqi menang mudah pada set pertama, namun hal itu justru melecut semangat Lee Duckhee.

Agresivitas petenis Negeri Ginseng itu gagal diantisipasi oleh petenis tunggal putra Indonesia pada set kedua sehingga laga harus berlangsung rubber set.

Dengan kecerdikan dan bekal pengalaman dari pertandingan sebelumnya, Rifqi menerapkan permainan reli-reli panjang untuk menguras tenaga lawan. Alhasil taktik tersebut berjalan efektif dan menghasilkan kemenangan telak.

Baca juga: Tiga wakil Indonesia melaju ke babak kedua MedcoEnergi M25K seri IV

Selain Rifqi, dua wakil tuan rumah lainnya juga bertanding pada babak kedua. Justin Barki berhasil melenggang ke perempat final, sementara Tegar Abdi Wibowo harus menghentikan perjuangannya.

Justin memetik kemenangan dua set langsung atas petenis Taiwan Tsung Hao Huang 6-0, 6-2 untuk melangkah ke babak delapan besar.

Tampil langsung menekan dengan berbagai variasi groundstroke yang prima di set pertama, Justin menang telak tanpa kehilangan gim. Dominasi petenis Indonesia itu terus berlanjut di set kedua dan hanya kehilangan dua gim untuk menutup laga.

Di pertandingan lainnya Tegar Abdi Wibowo harus kandas di babak kedua setelah dipaksa takluk oleh Yasuke Takahashi dua set langsung 3-6, 0-6.

Petenis Indonesia yang memperoleh fasilitas wildcard itu hanya mampu memberikan perlawanan di set pertama sebelum kalah dari petenis Jepang tersebut.

Sementara di nomor ganda putra yang mempertemukan dua pasangan tuan rumah, berhasil dimenangi oleh Christhoper Rungkat dan Nathan Barki.

Menghadapi David Agung/Anthony Susanto, pasangan peraih perak ganda putra di SEA Games Kamboja Christo/Nathan harus bermain tiga set untuk menang 7-6 tiebreak 7, 1-6 dan supertiebreak 10-4.

Sayangnya ganda Indonesia lainnya Achad Maruf/Widyarohmadiansyah tak mampu melangkah lebih jauh, setelah tumbang di tangan pasangan unggulan pertama Francis Alcantara/Hiroki Moriya 1-6, 1-6.

Baca juga: Ray Ho/Sun Fajing juarai BNI-Medco Energi International Tennis seri II
Baca juga: Christo/Nathan absen di pekan kedua Medco Power ITF M15 Jakarta

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023