Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan saat ini penetrasi siaran televisi digital secara nasional mencapai hampir 80 persen pada awal Juni 2023.

Direktur Penyiaran Kemenkominfo Geryantika Kurnia melalui pesan singkat kepada ANTARA, Senin, mengatakan data tersebut didapatkan dari survei yang dilakukan oleh Nielsen per tanggal 1 Juni 2023.

"Dampak terhadap penetrasi digital nasional mendekati 80 persen, di mana jumlah populasi penonton TV sebelum ASO sekitar 59 juta masyarakat sedangkan setelah ASO pada tanggal 1 Juni 2023 sudah mendekati 56,2 juta," ujar Geryantika.

Hasil tersebut didapatkan setelah siaran TV digital sudah banyak diakses di Pulau Jawa. Survei itu juga mengungkap penetrasi siaran TV digital mencapai 95 persen untuk 11 kota besar yang menjadi area pengukuran Nielsen.

Baca juga: Kemenkominfo sebut ASO sudah dilaksanakan di 137 wilayah siaran

Infrastruktur Multipeksing (MUX) yang mendukung siaran TV digital di 112 wilayah siaran untuk 341 kota dan kabupaten saat ini telah dimanfaatkan oleh 591 stasiun televisi, yang sebelumnya bersiaran analog, untuk bersiaran secara digital.

Sementara sisanya sebanyak 94 stasiun TV saat ini masih dalam proses untuk melakukan migrasi layanan dari siaran TV analog ke TV digital.

Kemenkominfo juga kini menargetkan akan kembali melaksanakan ASO di dua kota besar dalam waktu dekat yaitu Makassar di Sulawesi Selatan dan Medan di Sumatera Utara.

Untuk ASO di wilayah Sulawesi Selatan-1 (Makassar dan sekitarnya) Kemenkominfo menargetkan ASO berlangsung pada 20 Juni 2023 pukul 24.00 WITA.

Kemenkominfo menargetkan tanggal tersebut karena bantuan alat konverter untuk menangkap siaran TV digital pada pesawat televisi analog, set top box (STB),  bagi rumah tangga miskin saat ini sudah mencapai 81 persen di wilayah siaran tersebut.

Sedangkan untuk Sumatera Utara-1 (Medan dan sekitarnya) disiapkan untuk menjalani ASO pada pertengahan Juli 2023. Saat ini untuk wilayah siaran Sumatera Utara-1, bantuan STB yang diberikan kepada rumah tangga miskin sudah mencapai 34 persen.

"Masyarakat di kota Makassar dan Medan diimbau dari jauh-jauh hari untuk menyiapkan perangkat TV-nya menuju era baru TV digital yang bersih gambarnya, jernih suaranya, dan canggih teknolgi-nya," kata Geryantika.

Baca juga: Distribusi STB Sulsel 1 capai 65 persen dan Sumut 1 capai 30 persen

Baca juga: 74 persen masyarakat telah beralih ke TV digital

Baca juga: Gubernur Sumut: ASO tingkatkan kualitas hidup melalui siaran digital

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023