Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebutkan wilayah siaran Sumatera Utara-1 atau Medan dan sekitarnya siap melaksanakan migrasi siaran TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) pada 30 Juli 2023.

"Medan rencananya akan melaksanakan ASO pada 30 Juli 2023 pukul 24.00 waktu setempat, di mana posisi distribusi Set Top Box (STB) untuk Rumah Tangga Miskin pada hari ini sudah mencapai 70 persen," kata Direktur Penyiaran Kemenkominfo Geryantika Kurnia dalam pesan singkatnya yang diterima ANTARA, Selasa.

Dalam data yang dihimpun Kemenkominfo diketahui jumlah bantuan STB yang telah diterima masyarakat di wilayah siaran Sumatera per tanggal 3 Juli 2023 telah mencapai 66.077 perangkat dari total kebutuhan 94.487 perangkat.

Baca juga: Distribusi STB Sulsel 1 capai 65 persen dan Sumut 1 capai 30 persen

Diperkirakan dalam waktu tiga minggu ke depan, sisa dari bantuan yang belum diberikan telah diterima oleh penerima dengan total bantuan yang terealisasi mencapai 92 persen.

Dari segi penetrasi siaran TV digital nasional yang dilakukan Nielsen pada 1 Juli 2023, 11 kota besar penetrasi digital berangsur menuju normal sedangkan penetrasi nasional mendekati 80 persen.

Sementara dari segi kesiapan stasiun televisi saat ini telah ada 668 stasiun televisi yang bersiaran secara digital dan tinggal 19 stasiun televisi yang bersiaran analog serta tengah berproses untuk siaran secara digital.

"Diharapkan setelah ASO di Medan penetrasi TV digital secara nasional akan menuju normal dan TVR (TV rating) sudah normal," ujar Gery.

Sebagai perbandingan, jumlah penonton TV di 11 kota besar sebelum ASO mencapai 59 juta. Sedangkan saat ini penonton TV digital per tanggal 1 Juli 2023 diketahui telah mencapai 56 juta.

Capaian nasional sebelum ASO diketahui jumlah penonton TV analog mencapai 130 juta, dan saat ini setelah migrasi TV analog ke TV digital terjadi sudah ada sebanyak 124 juta penonton yang menikmati siaran TV digital.

Secara khusus setelah siaran TV digital berlangsung, Nielsen mencatat masyarakat menggemari empat jenis konten yaitu berita, hiburan anak-anak, olahraga, dan sinetron.

Kondisi ini menurut Gery menunjukkan bahwa siaran TV analog sudah ditinggalkan dan masyarakat sudah semakin nyaman dengan siaran TV digital.

Diharapkan ASO Medan dan sekitarnya dapat menyusul kesuksesan di kota-kota besar sebelumnya seperti Makassar, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Palembang, Bali, dan Banjarmasin.

"Melihat kesiapan di atas diharapkan ASO Nasional sudah selesai paling lambat sebelum hari Kemerdekaan Indonesia sebagai kado terindah dari stakeholder penyiaran," tutup Gery.

Baca juga: Indonesia bersiaran digital penuh diharapkan terealisasi pada HUT RI

Baca juga: Kemenkominfo sebut ASO sudah dilaksanakan di 137 wilayah siaran

Baca juga: Penetrasi siaran TV digital secara nasional hampir 80 persen

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023