Tentunya agenda utama untuk memilih ketua umum baru,"
Jakarta  (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) akan menggelar musyawarah nasional pada 5--7 April 2013 di Hotel Seruni III, Cisarua, Bogor.

"Tentunya agenda utama untuk memilih ketua umum baru," kata Koordinator Bidang Organisasi dan Daerah PB PRSI Benny Dhanio di Jakarta, Jumat.

Menurut Benny, hingga hari ini (8/2) belum ada bakal calon Ketum yang dicalonkan dari para pengurus PRSI tingkat provinsi dan mungkin akan muncul sosok-sosok tersebut sekitar satu bulan menjelang pelaksanaan munas.

Pergantian ketua umum yang akan dilakukan itu, berarti batalnya wacana kelanjutan masa tugas Hilmi Panigoro di PRSI hingga usai pelaksanaan SEA Games XXVII di Myanmar pada bulan Desember 2013.

"Pak Hilmi tidak mau, dia menginginkan pergantian ketua umum sesuai dengan jadwal semula di AD/ART," ujar dia.

Selain itu, lanjut Benny, dalam munas juga akan diusulkan perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PB PRSI.

"Kami ini organisasi yang tidak kecil, mewadahi seluruh Indonesia dengan berbagai macam persoalannya, AD/ART kami ternyata belum mampu menampung permasalahan yang mungkin timbul," kata Benny.

"Misalnya kami ini kan punya Dewan Kehormatan, Dewan Pembina, dan Penasihat Ahli, ternyata itu tidak pernah ada di dalam AD/ART. Ibarat anak lahir tanpa akta kelahiran, itu yang mau kita wadahi," ujar dia menambahkan.

Benny mengatakan, melalui perubahan AD/ART, selain juga mencantumkan keberadaan beberapa bagian kepengurusan di PRSI tersebut mereka juga akan memastikan peran substansial bagian-bagian tersebut.

Menurut Benny, selama ini, beberapa bagian kepengurusan tersebut kerap bersifat seremonial dan hanya tercantum dalam struktur saja, namun tidak memiliki kerja nyata.

"Padahal kalau dipertimbangkan bisa jadi kami yang belum bisa memanfaatkan keberadaan mereka dengan baik. Kalau sudah jelas di AD/ART tentunya tugas dan fungsi mereka akan lebih terang," ujar Benny.

Secara umum dijadwalkan pada Munas PB PRSI 2013 kepengurusan 2009--2013 akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban serta pemaparan materi rancangan program kerja 2013--2017.

(G006/D007)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013