Phnom Penh (ANTARA) - Cabang olahraga para-atletik dan para-renang kembali mengucurkan medali emas untuk kontingen Indonesia di ajang ASEAN Para Games 2023 di Kamboja, Selasa, lewat sejumlah nomor.

Hingga Selasa pukul 12.00 WIB, para-atletik dan para-renang mendapat tambahan sembilan emas, 14 perak, dan 12 perunggu.

"Kita tentu bersyukur dan senang dengan raihan medali sampai siang ini, mendapatkan sembilan medali emas. Kita harapkan lebih dari 20 emas untuk hari ini," kata Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Rima Ferdianto.

Perenang Maulana Rifki Yavinda meraih medali emas di nomor gaya punggung 100 meter S12 di Aquatic Center Morodok Techo.

Rifky mencatatkan waktu tercepat dengan 1 menit 6,53 detik yang merupakan rekor baru di ASEAN Para Games. Medali perunggu juga didapatkan di nomor itu melalui Menaser Meriba Numberi.

Rifky juga meraih medali emas di nomor 100 meter gaya bebas S12 dengan catatan waktu 59,41 detik unggul dari perenang Thailand, Anan Withetsuksom dengan catatan waktu 1 menit 3,38 detik. Sementara medali perunggu nomor itu didapatkan wakil Indonesia, Menaser Meriba Numberi dengan catatan waktu 1 menit 6,48 detik.

Kemudian atlet para-renang andalan Indonesia Jendi Pangabean meraih dua medali emas dari nomor 100 meter kupu-kupu S9 dan 100 meter gaya punggung S9.

Dari nomor 100 meter gaya bebas S14 putri, Syuci Indriani harus puas meraih medali perak, di bawah perenang Thailand Nattharine Khajhonmatha.

Sementara rekannya, Meliana Ratih Pratama mendapatkan medali perunggu. Marianus Melianus Yowei juga menyumbang medali perunggu di nomor 100 meter gaya bebas S13.

Dari cabang olahraga para-atletik, Yahya Juhdiansyah meraih medali emas dari nomor lempar cakram F44.

Sumbangan medali emas juga diberikan kuartet Petrus Kanel Alupan, Eko Saputra, Muamar Habibila, Ruli Alkahfi Mubaroq dari nomor estafet 4 x 100 meter putra T11-13.

"Memang ada beberapa target emas yang meleset, seperti Nanda Mei Sholihah (lari 200 meter T47) karena ada gangguan psikologi dan kita memaklumi itu. Mudah-mudahan atlet lain bisa menutup dengan performa yang lebih dari target," kata Rima Ferdianto.

Baca juga: Klasemen medali ASEAN Para Games: Indonesia makin kokoh di puncak
Baca juga: CdM optimistis target Indonesia di APG 2023 Kamboja tercapai
Baca juga: Tim medis para games pastikan kondisi setiap atlet Indonesia terjaga

 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023