Termasuk mendorong pendayagunaan seluruh potensi kelautan sebagai jalan kemakmuran bangsa di masa depan
Jakarta (ANTARA) - PDI Perjuangan mendukung upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan energi, dengan catatan tetap mengedepankan kelestarian lingkungan dan keadilan sosial yang berbasis pada riset dan inovasi.

“Termasuk mendorong pendayagunaan seluruh potensi kelautan sebagai jalan kemakmuran bangsa di masa depan,” ujar Ketua DPP Bidang Politik PDI-P Puan Maharani, membacakan butir kesembilan rekomendasi eksternal dari Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis.

PDIP telah rampung menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, sejak 6-8 Juni 2023. Rakernas III PDI Perjuangan yang digelar selama tiga hari menghasilkan 17 rekomendasi eksternal. Adapun rekomendasi tersebut dibacakan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Masalah kedaulatan pangan itu jadi satu di antara 17 poin hasil Rakernas III. Oleh karena itu, Puan meminta pemerintah dapat meningkatkan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim global serta dampaknya terhadap ekosistem alam dan kehidupan umat manusia.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan seharusnya Indonesia bisa berdaulat pangan.

Hal itu disampaikan Hasto dalam pengarahan di Seminar Nasional 'Daulat Pangan Wujudkan Kesejahteraan Petani dan Konsolidasi Program Mari Sejahterakan Petani' yang digelar di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (3/2).

Menurutnya, petani-petani di Tanah Air bisa menghasilkan produk pangan untuk kebutuhan di dalam negeri sehingga tak perlu lagi ada impor pangan.

"Maka tanpa produk impor seharusnya kita memproduksi pangan oleh anak bangsa, petani-petani Indonesia," kata Hasto.

Baca juga: PDI Perjuangan nyatakan komitmen lanjutkan warisan Jokowi
Baca juga: PDIP nyatakan visi dan misi capres fokus pada pemberantasan kemiskinan
Baca juga: Hari terakhir Rakernas III PDI Perjuangan bahas Bulan Bung Karno

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023