Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 terkerek 0,1 persen
Bengaluru (ANTARA) - Saham Inggris menguat pada awal perdagangan Jumat, dengan FTSE 100 naik tipis didorong oleh kenaikan AztraZeneca setelah pembuat obat tersebut mendapat persetujuan regulator AS untuk antibodi eksperimental, sementara penyedia pembayaran Network International melonjak setelah mencapai kesepakatan untuk dijadikan perusahaan private.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 terkerek 0,1 persen pada pukul 07.11 GMT, didorong oleh kenaikan 0,8 persen di AstraZeneca setelah penasihat Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS mendukung penggunaan antibodi eksperimental pembuat obat dan mitra Sanofi untuk mencegah infeksi pernapasan pada bayi.

Sektor kesehatan yang lebih luas menambahkan 0,6 persen.

Namun demikian, dikutip dari Reuters, indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau mid-caps FTSE 250 yang fokus ke pasar domestik, merosot 0,2 persen.

Network International melonjak 5,6 persen, setelah Brookfield Asset Management Kanada mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan penyedia pembayaran untuk penawaran tunai sebesar 2,2 miliar pound (2,76 miliar dolar AS).

Melawan tren, sektor kimia terperosok 6,8 persen, terseret oleh Croda International yang jatuh 11,3 persen hingga mencapai level terendah hampir tiga tahun, setelah perusahaan kimia tersebut memperkirakan laba tahunan sebelum pajak di bawah ekspektasi.

Baca juga: Saham Asia terangkat oleh taruhan jeda kenaikan suku bunga Fed
Baca juga: Saham Inggris rugi hari kedua, indeks FTSE 100 berkurang 0,32 persen
Baca juga: Saham Jerman berakhir positif, indeks DAX 40 terangkat 0,18 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023