Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Minggu (11/6), mulai dari Kapolda Sulawesi Selatan merilis temuan brankas bukan bunker narkoba di Universitas Negeri Makassar hingga Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur menggagalkan keberangkatan 27 calon pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

1. Kapolda Sulsel merilis temuan brankas bukan bunker narkoba di UNM

Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni menyatakan temuan di Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) wilayah Parangtambung adalah brankas diduga penyimpanan narkotika, dan bukan bunker narkoba yang selama ini menjadi pertanyaan publik.

"Sementara menjadi pertanyaan bahwa ada bunker, tapi di dalamnya adalah merupakan brankas yang ditanam di dalam tanah ditutup teralis kemudian ditutup tegel," ujar Kapolda Sulsel, saat rilis kasus dan barang bukti bersama jajaran dan perwakilan Kampus UNM, di Mapolda Sulsel, Makassar, Minggu malam.

Selengkapnya baca di sini.

2. Polisi sebut bukan bunker narkoba ditemukan di kampus UNM

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Selatan Kombes I Komang Suartana menjelaskan bahwa temuan adanya bunker diduga menyimpan narkoba hanya kotak penyimpanan atau safety box yang ditanam di salah satu ruangan kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) di Parangtambung Makassar, Sulsel.

"Itu bukan bunker, itu hanya konotasi (bahasa) saja. Itu kan ditanam menggunakan safety box," kata Kombes Pol I Komang saat dikonfirmasi wartawan di Makassar, Sabtu (10/6).

Selengkapnya baca di sini.

3. BNN ajak generasi muda lintas agama perangi narkotika

Badan Narkotika Nasional (BNN) RI mengajak generasi muda lintas agama memerangi penyalahgunaan narkotika dengan menanamkan pemahaman berbagai modus peredaran dan penyelundupan barang haram tersebut.

Hal itu dilakukan melalui dialog pemuda lintas agama bertajuk "Pemuda Bersatu Mewujudkan Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar)" yang ditutup dengan deklarasi bersama anti narkotika di GPIB Immanuel, Jakarta Pusat, Sabtu (10/6), demikian keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

4. Polda Lampung terjunkan 323 lebih personel gabungan amankan WSL

Polda Lampung menerjunkan sebanyak 323 lebih personel gabungan untuk mengamankan ajang kejuaraan selancar internasional "World Surf League" (WSL) Krui Pro 2023 di Kabupaten Pesisir Barat yang akan dimulai pada 12 Juni 2023.

"Lebih 323 orang personel gabungan dari Polres Pesisir Barat dan Polda Lampung kami persiapkan untuk mengamankan pelaksanaan WSL Krui Pro, yang kami beri nama Operasi Tuhuk Krakatau 2023," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, di Bandarlampung, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Polda NTT gagalkan keberangkatan 27 calon PMI Ilegal di Lembata

Tim dari Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur menggagalkan keberangkatan 27 calon pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal atau non prosedural di Pelabuhan Lewoleba, Kabupaten Lembata saat hendak bertolak ke Nunukan, Kalimantan Utara.

“Mereka berasal dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang hendak berangkat ke Nunukan, untuk bekerja di daerah itu,” kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy di Kupang, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023