kami ingin memberdayakan ekonomi masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat memberdayakan 21 unit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), antara lain dengan mengajak mereka untuk memasarkan produknya di salah satu pusat perbelanjaan daerah itu, Mal Puri Indah selama beberapa hari ke depan. 

"Dengan hadirnya 21 unit UMKM ini, kami ingin memberdayakan ekonomi masyarakat melalui potensi-potensi yang dimiliki oleh mereka," ungkap Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto saat menghadiri pengukuhan pengurus Dewan Kesenian Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta Barat dan pekan Dekranasda Jakarta Barat, Senin.

Adapun 21 unit UMKM tersebut menjual berbagai macam produk seperti suvenir, pakaian, perhiasan, kain lukis dan beberapa produk lain.

Uus mengatakan bahwa UMKM adalah salah satu penopang terbesar dari basis ketahanan ekonomi nasional, termasuk  ketahanan ekonomi Kota Jakarta Barat.

"Oleh karena itu, memberdayakan UMKM berarti memberdayakan ekonomi nasional," ungkap dia.

Baca juga: Sudin PPKUKM Jakbar gelar Bazar Jakpreneur di dua kecamatan

Dalam acara tersebut, dikukuhkan juga 44 orang pengurus baru Dekranasda Jakarta Barat yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta Barat.

Terkait dengan pengukuhan pengurus Dekranasda Jakarta Barat, Uus optimis para pelaku UMKM yang tergabung di dalamnya bisa membuat Dekranasda Jakarta Barat menjadi Desranasda terbaik di DKI Jakarta.

Hal tersebut, lanjutnya, menyangkut pergerakan Dekranasda Jakarta Barat yang sudah menghadirkan para pelaku UMKM dengan produk yang berkualitas pusat perbelanjaan yakni layak dipasarkan di mal.

Para pelaku UMKM tersebut akan memamerkan produknya di Mal Puri Indah terhitung sejak Senin ini hingga Minggu (25/6). 

"Dengan adanya perkembangan yang konsisten pada level UMKM seperti ini, Jakarta Barat akan membuka gerai Dekranasda Jakarta, tentunya dengan tujuan yang sama untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. Kita pantau terus perkembangannya," ungkap dia.

Baca juga: BI DKI Jakarta targetkan Rp8,5 miliar pada JaKreatiFest 2023

Uus juga mengimbau masyarakat, jajaran pemerintah, kolaborator dan para pelaku UMKM untuk bekerja sama demi terwujudnya kekuatan ekonomi bersama yang berbasis pada UMKM.

"Kerja sama dan kolaborasi adalah kunci untuk tercapainya tujuan tersebut," katanya. 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023