Jakarta (ANTARA) - Pegolf amatir Indonesia mengusung target tinggi yakni menjurai ajang internasional bertajuk Medco-Pondok Indah Amateur Golf Championship 2023 di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, 4-6 Juli.

Sebagai tuan rumah, pegolf Merah Putih akan bersaing dengan pegolf dari negara-negara lain seperti Malaysia, Filipina, Vietnam, India, Oman, Taiwan, dan Korea Selatan.

"Target saya bisa menjadi juara dan mencetak skor under (di bawah par)," ujar Rayhan Abdul Latief dalam konferensi pers di Pondok Indah Golf Course, Senin.

Rayhan adalah peraih medali perunggu SEA Games XXXII/2023 Kamboja pada nomor beregu putra bersama Randy Arbenata Moh. Bintang dan Amadeus Christian Susanto.

Senada, pegolf putri Sania Talita Wahyuni juga mengatakan siap memberikan yang terbaik. "Terlebih saya bermain di Pondok Indah Golf Course yang sudah saya kenal," ujarnya.

Sejumlah pegolf Indonesia, Senin, hadir untuk berlatih dalam persiapan menghadapi Medco-Pondok Indah Amateur Golf Championship 2023.

Selain Rayhan dan Sania, ada juga Randy, Teuku Husein M. Danindra, Luke Evan More. Lalu untuk putri ada Kristina Yoko Natalia, Reicherin Giftrudy Hanslkie, dan Bianca Naomi Laksono.

Baca juga: Nicklaus Design Mengukir 10 Pemenang di Kawasan Asia-Pasifik dalam GOLF Magazine

Dalam kesempatan yang sama Direktur Utama Medco Energi Hilmi Panigoro mengatakan berkomitmen untuk mendukung perkembangan prestasi pegolf Indonesia.

"Dengan mendapat kesempatan untuk mengikuti kompetisi yang berkualitas, para atlet tidak hanya mendapatkan pengalaman, tapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka untuk tampil di turnamen-turnamen berikutnya. Kami berharap para atlet Indonesia juga bisa meraih prestasi yang membanggakan di level internasional," kata Hilmi.

Turnamen ini merupakan seri ke-5 Indonesian Amateur Golf Championship (IAGC) 2023. Juara dari turnamen ini akan mendapatkan poin di World Amateur Golf Rangking (WAGR).

Syarat sebuah turnamen agar bisa mendapatkan poin WAGR adalah minimal 54 hole dan jumlah total skor pemain tidak boleh lebih dari 18 di atas par.

Pondok Indah Golf Club merupakan salah satu klub golf di Indonesia yang peduli terhadap pembinaan prestasi.

Hal itu dibuktikan dengan komitmen mereka menyelenggarakan turnamen-turnamen bergengsi level internasional. Selain Medco-Pondok Indah Golf Amateur Championship 2023, klub ini juga secara rutin sudah menyelenggarakan International Junior Golf Championship dan Senior Amateur Open.

"Kami para pengurus klub sudah berkomitmen untuk melakukan sesuatu yang lebih baik untuk mendukung pembinaan olahraga golf di Indonesia. Karena itu lah tahun ini kami menyelenggarakan turnamen amatir ini dan berharap bisa dilakukan secara konsisten setiap tahun," kata Ketua Pondok Indah Golf Club Hafzan Taher.

Pondok Indah Golf Course merupakan lapangan golf bergengsi di Indonesia dan merupakan satu-satunya lapangan di Indonesia yang pernah menjadi tuan rumah World Cup, yaitu pada 1983.

Selain itu juga menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia Open 2015-2022, dan turnamen ladies sekelas LPGA, yaitu Simone Asia Pacific Cup 2022.

"Kami sudah terbiasa menyelenggarakan turnamen level internasional, jadi pasti untuk turnamen ini kami akan mempersiapkan lapangan dengan baik dan akan menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta," ujar Direktur Pondok Indah Golf Course Erry Arsyad.

Baca juga: Kualifikasi pertama MercedesTrophy Indonesia 2023 digelar di Bogor
Baca juga: PGI ingin optimalkan penggunaan lapangan golf untuk atlet muda

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023