Penambahan fasilitas pendidikan modern ini, diharapkan ke depannya dapat menjadi landasan baru untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran yang interaktif...
Depok (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menambah tujuh kelas pintar terbaru yang merupakan donasi dari mitra-mitra, dimana seluruh ruang kelas pintar tersebut ditempatkan di Gedung Kuliah Bersama FTUI.

"Penambahan fasilitas pendidikan modern ini, diharapkan ke depannya dapat menjadi landasan baru untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran yang interaktif, kolaboratif, dan teknologi terkini bagi mahasiswa FTUI," kata Dekan Fakultas Teknik UI Heri Hermansyah di Depok, Jawa Barat, Selasa.

Dikatakannya, modernisasi fasilitas pendidikan merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh institusi pendidikan untuk menjaga kualitas pendidikan dan menjamin daya saing lulusan agar mampu berkompetisi secara global.

Baca juga: FT UI buka Prodi teknik perkapalan dan bioproses kelas internasional

Ia mengatakan FTUI mulai melakukan revitalisasi ruang-ruang kelas yang tadinya kelas tradisional menjadi ruang kelas pintar sejak tahun 2019. "Dengan peresmian ini, kini FTUI telah memiliki 15 kelas pintar. Target kami adalah modernisasi 50 ruang kuliah FTUI menjadi ruang kelas pintar selesai sebelum 2025," ungkap Heri.

Kelas pintar (smart classroom) mampu menampung 40-60 mahasiswa dan dilengkapi dengan smart board interaktif, smart TV, fasilitas poly studio, dan smart projector yang memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung berbagai model pembelajaran luring maupun hibrid.

Keberadaan ruang kelas pintar ini, kata dia, diharapkan dapat mendukung mahasiswa serta dosen dalam kegiatan pembelajaran. Keberadaan kelas pintar juga menjadi bentuk realisasi fisik salah satu dari sebelas program unggulan Dekan FTUI 2022-2026 yaitu pengembangan fasilitas pendidikan yang dapat mengakomodasi keperluan mahasiswa teknik.

Baca juga: FTUI buka Manajemen Keselamatan Proses di Magister Teknik Kimia

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023