Jakarta (ANTARA) - Indonesia menambah dua wakil ke babak utama pekan pertama Harum Energy Men's World Tennis Tour 2023, yakni Achad Imam Maruf dan Gunawan Trismuwantara, setelah keduanya memenangi partai final tunggal kualifikasi, Selasa.

Bertanding di Lapangan Tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Imam Maruf menang atas petenis Ukraina Vadym Konovchuk.

Setelah kehilangan set pertama, petenis 26 tahun ini mencoba bermain lebih sabar dan tenang untuk membalikkan keadaan dan memenangi laga dengan skor akhir 3-6, 6-3 [10-5].

"Saya terburu-buru untuk mematikan bola. Servis lawan juga lagi bagus sekali. No chance di set pertama. Saya bisa memaksa rally panjang di set kedua, berusaha meminimalisir error. Malah lawan yang banyak miss," kata Imam dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

"Alhamdulillah, target pertama saya tercapai dengan memasuki babak utama. Di turnamen ini, saya bertekad untuk mendapatkan hasil terbaik. Lebih lagi, saya sudah lama tidak bermain pro."

"Dalam setahun ini, tentu, saya ingin kembali ke tim nasional. Namun, pemilihan ini saya serahkan kepada pengurus PP Pelti dan pelatih yang mengerti kebutuhan tim," ujar petenis asal Yogyakarta yang membela Papua Barat di PON 2021 itu. 

Baca juga: Justin Burki targetkan juara di Men's World Tennis Tour 2023 Indonesia

Serupa dengan Imam, Gunawan juga melaju usai membalikkan keadaan atas wakil India A Shanmugam. Pada set pertama, lajang asal Pulau Madura itu kalah tie break 6-7(8).

Bermain ulet, petenis 20 tahun itu memaksakan rubber set usai mengambil set kedua, 7-5. Menghabiskan dua jam empat puluh menit, laga pun usai setelah dirinya menang set penentu, tie break 11-9.

Kedua petenis yang pernah menghuni skuad Indonesia di Piala Davis itu bakal saling berseteru di babak pertama, Rabu (14/6).

Selain Imam dan Gunawan, empat wakil tuan rumah telah menjejak babak utama ajang berlevel M15 ITF itu berbekal fasilitas wild card. Mereka adalah Giorgio Soemarno, Justin Barki, Claudio Renaldi Lumanau, serta Renaldi Aqila Arifadli Salim.

Giorgio dijadwalkan bertemu wakil Taiwan yang lolos dari kualifikasi, Hong-Lin Fu. Claudio menghadapi wakil India Shivank Bhatnagar, Justin pun meladeni wakil India Siddhant Bhantia. Sementara Renaldi menjajal unggulan kedua asal Turki Yanki Erel.

Sementara itu, di nomor ganda, duet kakak beradik Justin dan Jaydon Barki menantang pasangan gado-gado Jepang dan Italia, Yuichiro Inui /Lorenzo Lorusso.

Duo Susanto, David Agung dan Anthony menguji duet Australia Cade Birrell /Moerani Bouzige, sedangkan Giorgio Soemarno yang menggandeng Achad Imam bakal menantang unggulan keempat dari Negeri Sakura Sora Fukuda /Tomohiro Masabayashi.

Baca juga: Atlet ditargetkan meraih banyak poin di tenis internasional Indonesia
Baca juga: Indonesia gelar turnamen tenis internasional total hadiah sekitar Rp700 juta

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023