Jakarta (ANTARA) - Petenis Jepang mendominasi pekan ketiga Harum Energy Men's World Tennis Tour 2023 dengan menduduki 10 slot dari 32 tempat di babak utama nomor tunggal seri penutup turnamen ITF level M15 yang mulai bergulir Selasa.

Uniknya, sembilan di antaranya berkumpul di paruh atas undian, termasuk juara seri kedua Sora Fukuda. Dua laga senegara pun tak terelakkan di antara mereka di babak pembuka. Hanya unggulan kedua, Shuichi Sekiguchi yang berada di paruh bawah terpisah dari rekan-rekannya.

"Di turnamen profesional seperti Harum Energy Men's World Tennis Tour 2023 ini memang tidak bisa dihindari pertemuan petenis senegara di babak pertama. Semua tergantung dari hasil undian," kata Direktur Turnamen Susan Soebakti dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa.

Kubu tuan rumah, sementara ini telah menyegel empat slot di babak utama tunggal. Andalan Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi menjadi direct acceptance alias lolos langsung karena peringkatnya mencukupi dan menempati unggulan kelima.

Baca juga: Justin Barki/Thiemo de Bakker juara Harum Energy World Tennis Seri II

Sedangkan tiga wakil Indonesia lainnya di turnamen yang digelar di lapangan tenis The Sultan Hotel & Resedence Jakarta itu menggunakan fasilitas wild card, yakni Nathan Anthony Barki dan Gunawan Trismuwantara serta Justin Barki yang menjadi finalis tunggal seri pertama.

Tim Merah Putih masih berpeluang menambah wakil di babak utama ajang entry level ini. Empat jagoan tuan rumah sukses melewati babak kedua kualifikasi yang berlangsung Senin (26/6).

Untuk merebut slot main draw, David Agung Susanto akan menantang Luke Sorensen (Australia), Tegar Abdi Satrio Wibowo menghadapi Shivank Bhatnagar (Indis) dan Justin Kuo melawan Timothy Phung (Australia) serta Lucky Candra Kurniawan menguji wakil Chile Hans Christian Bustiman Gonzales di final kualifikasi, Selasa.

Sementara pada hari yang sama, Nathan dan Gunawan akan melakoni partai pembuka babak utama. Gunawan menantang unggulan keempat Siddhart Rawat dari India, sementara Nathan mencoba menghalau invasi petenis Jepang Tomohiro Madabayashi.

Baca juga: Rifqi Fitriadi satu-satunya wakil di tunggal Harum Energy Seri II
Baca juga: Dua ganda Indonesia melaju ke semifinal Harum Energy Tennis Seri II

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023