Depok (ANTARA) - Tiga orang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) merancang pengaspalan jembatan sepanjang 36 meter dengan menggunakan limbah plastik sebagai agregat campuran pada aspal jalan.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Juan Fidel Ferdani (Teknik Sipil 2019), Bayu Dewanto (Teknik Sipil 2020), dan Leonardo Dillon (Arsitektur 2020).

"Permasalahan ini yang kami coba bantu tangani dengan memanfaatkan limbah plastik Singapura sebagai agregat campuran dalam aspal pada desain jembatan yang kami buat," kata Bayu Dewanto di Kampus UI Depok, Kamis

Menurut dia, jembatan yang kami rancang akan menghubungkan Commonwealth Avenue West dan Holland Grove Drive/Holland Grove untuk melintasi Ghim Moh Canal. Diharapkan ke depan rancangan kami dapat meningkatkan nilai sampah plastik dan mengurangi dampak lingkungannya.

Baca juga: FTUI dan University of Birmingham kerja sama program "double degree"

Baca juga: UI terima kunjungan Ajou University di kampus Depok


Berdasarkan data dari The National Environmental Agency pada tahun 2020, Singapura menghasilkan 868 ton sampah plastik. Angka ini menjadikan sampah plastik Singapura menduduki peringkat ketiga sampah terbanyak yang dihasilkan pada tahun 2020.

Namun, hanya 36 ton sampah plastik yang dapat didaur ulang atau 4 persen dari total sampah plastik yang dihasilkan. Hal ini tentunya menimbulkan kebutuhan mendesak dalam penanganan limbah plastik Singapura.

Juan Fidel Ferdani menambahkan pemilihan model jembatan Modified Bowstring Truss Bridge with the Warren Pattern dipilih karena model ini merupakan kombinasi antara Bowstring Truss pada balok tepi atas dan Warren Pattern pada rangka struktur jembatan.

Bowstring Truss merupakan desain jembatan yang melengkung, sedangkan Warren Pattern merupakan bentuk segitiga sama sisi pada rangka struktur jembatan. Bowstring Truss digunakan karena pada diagram momen jembatan yang berbentuk kurva, momen terbesar berada pada tengah.

Sementara itu, Warren Pattern digunakan agar beban dapat tersebar secara merata di sejumlah segmen jembatan serta dapat meningkatkan estetika jembatan. Dengan kombinasi kedua tipe ini, jembatan yang kami rancang tidak hanya kuat secara struktur tetapi juga indah secara estetika.
Jembatan dengan model Modified Bowstring Truss Bridge ini dirancang untuk menghubungkan dua jalan di Singapura. ((ANTARA/HO: Humas UI))


Ada empat tahapan dalam pembangunan jembatan rancangan para mahasiswa FTUI ini, yaitu Site Preparation, Substructure Work, Upper Structure Work, dan Finishing. Tahap Site Preparation bertujuan untuk menyiapkan lahan untuk rencana pembangunan konstruksi dan lanskap, yang terdiri dari Site Layout Development, Site Safety Protection, Site Cleanup, and Site Investigations.

Tahap Substructure Work meliputi pembangunan abutmen dan pemancangan pondasi dalam di sepanjang jembatan. Untuk mencegah gangguan di lingkungan sekitar, pemancangan pondasi dilakukan menggunakan hydraulic jacked-in piling machine.

Tahap Upper Structure Work meliputi pembangunan jembatan dan jalan penghubung. Tahap Finishing merupakan tahap akhir dari penyelesaian jembatan guna menjamin jembatan dalam kondisi baik serta memperindah jembatan.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. mengatakan inovasi mahasiswa ini selain merupakan pengakuan internasional atas prestasi mereka tapi juga merupakan bukti nyata dedikasi mereka dalam mencari solusi berkelanjutan untuk permasalahan lingkungan sekaligus meningkatkan kualitas infrastruktur.

Pengakuan ini adalah bukti keunggulan mereka dalam menerapkan pengetahuan teknis dan berpikir kreatif dalam menciptakan solusi yang berkelanjutan dan efektif. Prestasi ini memperlihatkan kepada dunia bagaimana kolaborasi antara ilmu pengetahuan, teknologi, dan kepedulian lingkungan dapat menciptakan dampak positif yang signifikan.

"Kami berharap bahwa prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk berani berinovasi dan mencapai pengakuan internasional dalam upaya mereka untuk membangun masa depan yang lebih baik," katanya.

Berkat desain jembatan ini, ketiga mahasiswa yang tergabung dalam tim Galanika Nawasena berhasil meraih Juara 3 pada ajang kompetisi desain jembatan internasional bergengsi Nanyang Technology University Bridge Design Competition (NTU BDC) 2023. Tim FTUI berhasil menyisihkan lebih dari seratus tim dari berbagai negara pada kompetisi yang berakhir di awal April 2023 lalu.*

Baca juga: UI dan Ankara University bakal jalin kolaborasi bidang kesehatan

Baca juga: UI kolaborasi dengan sepuluh universitas terkemuka di Inggris

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023