Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) akan menerbitkan buku pada Juli yang berisi tentang perjalanan karier mereka selama 10 tahun terakhir dalam 23 bahasa, salah satunya termasuk bahasa Indonesia.

Mengutip laporan Yonhap, Kamis, buku berjudul "Beyond the Story: 10-year Record of BTS" itu diterbitkan dalam rangka memperingati 10 tahun debut BTS di industri musik K-pop.

Buku akan dirilis pada 9 Juli mendatang, bertepatan dengan "ARMY day" yang merupakan perayaan ulang tahun penggemar setia BTS.

BigHit Music menyebutkan bahwa buku tersebut sebagian besar terdiri atas hasil wawancara dengan BTS tentang usaha, tantangan, hingga pertumbuhan yang mereka lalui sejak pertama kali pembentukan grup hingga akhirnya menjadi ikon pop abad ke-21.

Baca juga: RM rayakan hari jadi BTS ke-10 tahun dengan menulis surat menyentuh
Baca juga: Spotify ajak penggemar bagikan lagu BTS lewat fitur "My Top 5"

Variety melaporkan bahwa "Beyond the Story" ditulis oleh jurnalis Myeongseok Kang bersama para anggota BTS. Di samping tulisan, buku juga menampilkan foto-foto eksklusif.

Di Indonesia, buku "Beyond the Story: 10-year Record of BTS" akan diterbitkan melalui TransMedia Pustaka. Khusus edisi bahasa Korea atau edisi originalnya, buku tersebut sudah bisa dipesan melalui skema prapesan mulai 15 Juni hingga 9 Juli 2023. Info lebih detail, penggemar di seluruh dunia bisa mengunjungi halaman website BigHit Music.

Saat ini, boy group itu tengah menggelar festival perayaan hari jadi mereka bertajuk "BTS 10th Anniversary Festa" di beberapa lokasi di Seoul, Korea Selatan, mulai 12 hingga 25 Juni 2023. BTS memang kerap mengadakan festival setiap tahun bersama para penggemar untuk merayakan hari jadi debut mereka yang jatuh setiap 13 Juni.

Baca juga: Festival perayaan hari jadi ke-10 tahun BTS dimulai

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023