Saya hanya sedang kurang bugar...."
Dubai (ANTARA News) - Serena Williams mengundurkan diri dari Dubai Terbuka yang berhadiah sebesar 2.000.000 dolar, di mana ia ingin memfokuskan diri pada turnamen di "kandangnya" sendiri, di Miami, pada bulan depan.

"Saya hanya sedang kurang bugar, ini (masalah) punggung saya," papar Serena dikutip AFP. "Semua atlet benar-benar pernah mengalami hal ini."

"Saya benar-benar tidak dapat bergerak. Itu akan menjadi penampilan mengerikan bagi Anda semua. Ini benar-benar menyedihkan bagi kita semua. Saya berharap dapat meneruskan (bermain) di sini, namun sayangnya itu tidak akan terjadi pada tahun ini."

Pengunduran diri yang terjadi pada Rabu ini menyusul apa yang dilakukan Victoria Azarenka dua hari yang lalu, yang memastikan Williams akan tetap menghuni peringkat satu dunia setidaknya sampai ajang di Miami pada 31 Maret.

Azarenka, yang mengalahkan Serena untuk mempertahankan gelar Qatar Terbukanya pada Minggu lalu, menegaskan bahwa tumit yang bengkak menjadi alasan utama mengapa dirinya mengundurkan diri.

Pada pekan lalu Williams bermain dengan punggung dan pergelangan kaki yang sedang cedera serta sakit demam, namun pada Selasa ia berkata bahwa dirinya merasa "sudah jauh lebih baik," sebelum mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan tampil.

Juara 15 Grand Slam itu juga menjelaskan bahwa kembali menduduki posisi puncak setelah selama dua setengah tahun hidup dan karirnya diganggu masalah cedera kaki yang aneh pada 2010, bukanlah tujuan utamanya.

"Baik, saya telah melakukannya, mari fokus kepada tujuan-tujuan saya selanjutnya yakni ajang-ajang Grand Slam. Saya benar-benar ingin meneruskan bermain baik di sana," kata Williams, mengakui bahwa dirinya telah mengaiihkan satu tatapan matanya ke Prancis terbuka di Paris, yang dimulai pada 26 Mei.

Absennya Azarenka dan Williams merupakan pukulan keras kepada popularitas turnamen ini, yang sudah tidak diikuti dua petenis dengan penghasilan terbesar, Maria Sharapova dan Li Na (menurut majalah Forbes), dan sekarang sudah tidak lagi diikuti nama-nama paling populer di olahraga ini.

Ini juga merupakan pukulan bagi WTA, yang bekerja keras untuk memperkenalkan insentif-insentif dan berbagai regulasi untuk mengurangi jumlah petenis yang mengundurkan diri dari turnamen ini.

Sementara itu, pengunduran diri Azarenka dan Williams memperbesar peluang Agnieszka Radwanska untuk mempertahankan gelarnya, yang dimulai oleh petenis peringkat empat dunia ini dengan menang 7-5, 6-3 atas Yulia Putintseva, petenis 18 tahun yang sempat mematahkan serve petenis Polandia itu untuk unggul 4-3 pada set pertama.

Petenis papan atas lain yang tampil adalah Caroline Wozniacki, mantan petenis peringkat satu dunia asal Denmark, dan Petra Kvitova, mantan juara Wimbledon dari Republik Ceko.

Wozniacki memenangi gelar di sini dua tahun silam, dan kembali terlihat berada dalam posisi yang nyaman saat menundukkan Zheng Jie, mantan semifinalis Wimbledon asal China, 6-0, 6-1.

Ia sekarang akan bermain melawan Marion Bartoli, mantan finalis Wimbledon dari Prancis, yang menikmati keberuntungan keduanya dengan keputusan Williams mengundurkan diri.

Sebelumnya Bartoli mendapat wild card untuk mengikuti turnamen ini, setelah ia telat mendaftar.

Kvitova, yang berada dalam penampilan bagus pada pekan lalu, dengan nyaris mengalahkan Williams, sekarang menundukkan Ana Ivanovic, mantan juara Prancis Terbuka dari Serbia, 7-5, 7-6 (7-1), dan sekarang akan menantang Radwanska.

Sebelumnya, unggulan keempat Angelique Kerber yang berasal dari Jerman, yang mengalami masalah cedera punggung, menang 5-7, 1-6 atas Roberta Vinci, petenis peringkat 20 dunia asal Italia, yang telah menundukkan Svetlana Kuznetsova, mantan juara AS dan Prancis Terbuka.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013