siapapun yang menang nanti tidak mengubah kenyataan bahwa mereka semua tetap Abang dan None Jakarta Barat
Jakarta (ANTARA) - Persiapan finalis Abang dan None Jakarta Barat mencapai 60 persen melalui berbagai macam pembekalan yang diterima sejak 29 Mei 2023 hingga akhir pekan ini, kata Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Barat, Dedy Sumardi.

"Selama ini, 15 pasang finalis Abang dan None Jakarta Barat sudah mendapatkan banyak pembekalan sesuai dengan yang ditetapkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 30 tahun 2010," ungkap Dedi saat ditemui dalam giat penguatan soliditas bersama (outing) Abang dan None Jakarta Barat, Minggu.

Jadi, lanjut dia, sebelum 15 pasang finalis Abang dan None ini terpilih dari 143 peserta yang mendaftar, mereka melewati berbagai macam tes, mulai dari tes lisan, tes peragaan (teknik penampilan), tes psikologi dan tes perilaku.

"Tes-tes tersebut juga memiliki item turunannya masing-masing. Misalnya pada tes lisan, mereka diuji pemahaman ilmu pemerintah, ilmu umum, budaya Betawi, sejarah Jakarta, pariwisata, pemasaran, kepribadian, bahasa asing dan lainnya. Begitu juga dengan tes yang lain," ungkap dia.

Ia melanjutkan, 15 pasang Abang None ini secara teknis tahap seleksi sudah melewati banyak pembekalan. Karena ketika mereka terpilih, materi-materi tes yang diberikan kemudian diperdalam lagi dengan menghadirkan pemateri yang ahli di bidang terkait.

"Jadi sekarang ini mereka outing atau rekreasi bersama di Bogor untuk istilahnya penguatan soliditas di antara mereka. Karena siapapun yang menang nanti tidak mengubah kenyataan bahwa mereka semua tetap Abang dan None Jakarta Barat. Seperti, misalnya finalis Abang None 2022 hingga sekarang masih kompak dan mereka yang membina tahap demi tahap seleksi dan pembekalan finalis Abang None 2023," ungkap dia.

Selain itu, lanjut dia, yang akan mewakili Abang dan None Jakarta Barat nanti bukan maju untuk dirinya sendiri, tetapi mewakili wilayah Jakarta Barat secara menyeluruh.

"Makanya saya pikir outing seperti ini dengan dikuatkannya soliditas di antara mereka akan menyatukan dan menyeragamkan tujuan mereka semua, siapapun yang menang nanti," ungkap dia.

Ia melanjutkan, hingga sekarang persiapannya bisa dikatakan sudah 60 persen.

"Karena kan masa pembekalan kita masih sampai 20 Juli (2023) besok. Jadi masih banyak waktu untuk berkembang dan memperdalam pembekalan. Saya berharap mereka bisa kompak dan memberi yang terbaik," tutup Dedi.

Baca juga: Pemkot Jakbar gaet industri perhotelan bina finalis Abang-None

Baca juga: Pemkot Jakbar beri pembekalan multi aspek kepada 15 pasang Abang None

Baca juga: Pemkot Jakbar buka pendaftaran Abang None 2023

Pewarta: Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023