bukan hanya tugas aparatur negara tetapi juga seluruh warga
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menata kawasan penuh ular di Jalan Masjid Darul Fallah RT 007/RW 03, Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan menjadi kampung budaya.

"Dulunya kawasan ini semak-semak belukar, banyak ular dan tidak tertata dengan baik, sehingga kita pilih lokasi ini untuk ditata," kata Lurah Petukangan Utara, Syopwani saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Syopwani menuturkan lahan seluas 220 meter persegi ini telah diberi tema kampung budaya dengan ditambahkan ornamen Betawi, tanaman hias, hingga mural-mural yang semakin memperindah kawasan.

Lanjut dia, adanya ide pembuatan kampung bertema budaya Betawi ini melalui kesepakatan pihak kelurahan dan masyarakat yang termotivasi untuk mempertahankan budaya.

"Jika budaya dibiarkan maka lambat laun akan menghilang," jelasnya.

Baca juga: Pemprov DKI berhasil selesaikan pengerjaan 256 titik penataan kawasan

Terlebih, penataan kawasan ini juga dilakukan oleh sebagian petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) keturunan suku Betawi di kawasan itu.

Selain itu, penataan kawasan ini dimulai sejak awal April tahun ini dan ditargetkan selesai pada akhir Juni. Anggarannya berasal dari  kelurahan dan masukan ide dari warga.

"Dana dari kita, tapi apabila warga mau bantu-bantu tenaga atau punya kemampuan mural atau menanam silahkan saja, kita kolaborasi," katanya tanpa bersedia merinci berapa anggaran yang dimaksud. 

Harapan Syopwani, dengan adanya penataan kawasan ini masyarakat di lingkungan Kelurahan Petukangan Utara dapat menjaga dan merawatnya supaya tetap rapi dan indah.

"Karena menjaga lingkungan bukan hanya tugas aparatur negara tetapi juga seluruh warga," tegasnya. 

Baca juga: Jaksel tambah lahan bermain anak di Pesanggrahan

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, didampingi Walikota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin, meninjau penataan kawasan di Jalan Masjid Darul Fallah RT 007/RW 03, Kelurahan Petukangan Utara, Kecamatan Pesanggrahan, Jumat (16/6).

Peninjauan tersebut sebagai bentuk apresiasi Heru sebagai upaya mengubah lahan tak terawat menjadi lebih tertata rapi, indah dan bersih.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023