Discover Gorontalo 2023 sebagai bagian dari agenda memeriahkan Ulang Tahun ke-50 Hotel Borobudur.
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyiapkan jelajah budaya dan pariwisata yang dinamai "Discover Gorontalo 2023".

Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Aryanto Husain, di Gorontalo, Selasa, mengatakan Discover Gorontalo merupakan event promosi pariwisata dan ekonomi kreatif, promosi kebudayaan, peluang kerja sama investasi, serta pemberdayaan UMKM.

"Kami bersama Dekranasda Provinsi Gorontalo mempersiapkan kegiatan Discover Gorontalo 2023 sebagai bagian dari agenda memeriahkan Ulang Tahun ke-50 Hotel Borobudur. Momentum ini adalah kesempatan istimewa untuk Gorontalo, karena kami diberikan peluang untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif produk UMKM lokal Gorontalo di salah satu hotel bintang lima di Jakarta," kata Aryanto.

Seluruh persiapan terus dimatangkan, karena kegiatan tersebut akan berlangsung kurang lebih satu bulan dari tanggal 5 hingga 30 Juli 2023.

Ia menjelaskan, ada tiga agenda utama dalam kegiatan Discover Gorontalo. Pertama agenda kick off (pembukaan) yang akan menampilkan seni musik dan tari-tarian Gorontalo, kemudian agenda galeri UMKM ekonomi kreatif, dan terakhir adalah agenda Gorontalo Modunggaya.

Gorontalo Modunggaya merupakan sebuah kegiatan yang mengundang seluruh masyarakat Gorontalo maupun luar Gorontalo termasuk para investor, untuk menyaksikan langsung pertunjukan budaya dari Gorontalo.

"Kami siapkan delapan booth untuk mengisi berbagai UMKM lokal kami. Kemudian Hotel Borobudur juga akan kami usahakan dapat memberikan satu booth untuk kuliner lokal Gorontalo. Kami akan memajang pakaian khas Gorontalo, ada karawo, biliu sampai puade (rumah pengantin) Gorontalo," katanya lagi.

Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Fima Agustina mengaku memberi dukungan penuh pada kegiatan tersebut, karena dianggap akan mampu mengangkat UMKM lokal dan pariwisata Gorontalo.

Terlebih Discover Gorontalo dilakukan di Hotel Borobudur yang menjadi salah satu hotel terkenal dan telah banyak memediasi daerah-daerah yang ingin memamerkan atau mempublikasikan produk-produknya di Jakarta.

"Kami mohon dukungan dari semua pihak. Kita harus meyakini ajang ini dapat memberikan dampak terhadap ekonomi di Gorontalo. Sukses untuk kita semua, sukses Discover Gorontalo 2023," katanya pula.

Kegiatan Discover Gorontalo turut didukung Dinas Kumperindag, Bank Indonesia Perwakilan Gorontalo, Dinas PM-PTSP, pelaku UMKM, perancang busana dan Dekranasda kabupaten/kota.
Baca juga: Festival Apangi, wisata religi Gorontalo bertabur doa sambut Muharram
Baca juga: Pemkab Gorontalo gelar Festival Pesona Danau Limboto 16-21 Juni 2023

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023