Medan (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumatera Utara menargetkan pengumpulan hewan kurban setara kambing atau sapi sebanyak 100 ekor pada Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

"Target Baznas Sumut tahun ini 100 hewan kurban, agar mencukupi itu, kami terus melakukan pengumpulan hewan kurban," ujar Ketua Baznas Sumatera Utara Muhammad Hatta di Medan, Rabu.

Baca juga: Bamsoet minta Pemerintah jaga harga hewan kurban jelang Idul Adha

Selain itu, Hatta juga mengajak mudhoi (orang yang melaksanakan ibadah kurban) baik pejabat di daerah, pengurus mesjid maupun masyarakat umumnya.

"Kami terus berupaya mengajak mudhoi untuk berkurban pada tahun ini agar semakin banyak yang akan diberikan termasuk pelosok daerah," ujarnya.

Baca juga: Harga daging sapi dan kambing di Jakarta naik saat Idul Adha

Baznas Sumatera Utara sudah menetapkan patokan harga hewan kurban tahun 2023, untuk Medan dan sekitarnya, harga kambing Rp2.200.000 sampai Rp2.700.000- Rp3 juta per ekor.

Sedangkan harga satuan hewan kurban berupa sapi, menurut dia, berkisar Rp10 juta sampai Rp12 juta untuk sapi seberat 70 kg, sekitar Rp14 juta sampai Rp15 juta untuk sapi seberat 80 kg sampai 90 kg, dan mulai dari Rp23 juta untuk sapi premium seberat 500 kg.

"Namun, harga hewan kurban tersebut bisa berubah," kata Hatta.

Baca juga: Harga hewan kurban di Yogyakarta naik 10 persen

Ia mengatakan Baznas Sumut mengutamakan masyarakat yang membutuhkan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar serta daerah dengan angka kasus stunting tinggi dalam pendistribusian hewan kurban.

"Baznas akan memastikan (penyaluran) tepat sasaran dan sesuai dengan prinsip 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI," tuturnya.

Baca juga: Harga kambing mulai naik jelang Idul Adha
Baca juga: Harga hewan kurban mulai naik tinggi

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023