Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.500 kader PDI Perjuangan Bangka Belitung (Babel) berangkat menuju Jakarta dari Pelabuhan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk menghadiri puncak perayaan Bulan Bung Karno, Sabtu (24/6).

"Seluruh kader PDI Perjuangan Bangka Belitung antusias untuk mengikuti acara puncak peringatan Bulan Bung Karno. Ini menjadi perjalanan yang mengesankan dan menambah pengalaman. Apalagi, berkumpul dengan kader se-Nusantara di Stadion GBK," ujar Wakil Bendahara Umum Bidang Internal DPP PDI Perjuangan Rudianto Tjen dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Mobilisasi para kader PDI Perjuangan Babel sudah berlangsung sejak Rabu (21/6) pukul 23.00 sampai Kamis pukul 04.00 WIB. Mereka lalu beristirahat di pelabuhan tersebut sampai Kapal Bukit Raya sandar pada pukul 07.30 WIB.

Para kader PDI Perjuangan Babel rencananya tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada hari Jumat (23/6). Pada hari Sabtu (24/6), mereka bergabung dengan ratusan ribu kader PDI Perjuangan dari berbagai daerah di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Baca juga: Ribuan satgas-penari Nusantara berlatih untuk peringatan puncak BBK

Setelah itu, mereka kembali dan bermalam di Kapal Bukit Raya. Keesokan harinya, Minggu (25/6), para kader PDI Perjuangan Babel diberikan waktu bebas untuk berjalan-jalan di Jakarta. Mereka lalu kembali dan bermalam di kapal tersebut.

Pada hari Senin (26/6), para kader PDI Perjuangan Babel diagendakan untuk pulang. Pada hari Selasa (27/6), mereka tiba di Bangka.

DPP PDI Perjuangan menyebut akan ada 100.000 kader PDI Perjuangan memenuhi Stadion Utama GBK pada hari Sabtu (24/6). Mereka menghadiri puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK).

"Mereka langsung pulang seusai acara di GBK," kata Tjen.

Dalam rapat persiapan acara tersebut, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan persiapan secara detail dan laporan dari daerah-daerah terkait kesiapan untuk mengirimkan seluruh peserta ke GBK.

Hasto mengatakan bahwa pemberangkatan kader dan satgas PDI Perjuangan, antara lain, menggunakan transportasi laut.

"DPP Partai mengucapkan terima kasih atas antusiasme seluruh jajaran partai untuk terlibat dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno," kata politikus asal Yogyakarta itu.

Baca juga: 2.300 kader PDIP Sulut bertolak ke Jakarta demi Puncak Perayaan BBK
Baca juga: 1.200 kader PDIP Kalbar ke Jakarta hadiri puncak Bulan Bung Karno

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023