Jakarta (ANTARA) -
Menjelang momen perayaan hari Idul Adha tahun ini, lembaga sosial Dompet Dhuafa menghadirkan program Tebar Hewan Kurban (THK) yang memudahkan masyarakat dan donatur dalam menjalankan ibadah kurban.
 
Dompet Dhuafa menyediakan berbagai kanal-kanal layanan yang bisa dimanfaatkan donatur ketika ingin berkurban.
 
Adapun kanal layanan yang disediakan Dompet Dhuafa antara lain kanal perbankan, QR Code, pembayaran daring, kerja sama dengan e-commerce, Jemput Zakat, Qurban Goes to School, dan sekitar 150 konter dan gerai THK Dompet Dhuafa di wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Pemanfaatan platform digital permudah pelaksanaan ibadah kurban
 
Pengadaan dan pendistribusian hewan kurban yang disediakan pada program THK memiliki penilaian mutu yang terdiri dari empat parameter yaitu bobot hidup yang terstandar, kondisi fisik dan kesehatan yang baik, proses pemotongan yang sesuai ajaran Islam, dan distribusi daging kurban yang tepat sasaran.
 
Dalam pelaksanaan kurban, Dompet Dhuafa merekrut tim pelaksana pengendalian mutu (quality control) yang bertugas memantau dan mengontrol kesehatan dan bobot hewan kurban, lokasi distribusi dan calon penerima daging kurban, proses pemotongan hewan kurban, serta membuat laporan, dokumentasi, evaluasi, dan rekomendasi.
 
Menurut siaran pers yang diterima pada Jumat, untuk tahun ini Dompet Dhuafa menargetkan distribusi sebanyak 22.000 hewan kurban dalam skala nasional.

Pendistribusian hewan kurban berupa domba, kambing, sapi, dan kerbau ini akan dilakukan di daerah-daerah terpencil, rawan gizi, terbelakang, miskin dan daerah yang terdampak bencana dan kerusuhan di seluruh Indonesia.
 
Tak hanya itu, pendistribusian hewan kurban juga diselenggarakan di mancanegara. Penyaluran kurban ke luar negeri menjangkau wilayah miskin dengan penduduk minoritas muslim serta daerah konflik seperti di Gaza, Palestina dan Mindanao, Filipina. Di Palestina sendiri, Dompet Dhuafa akan mendistribusikan hewan kurban berupa unta.
 
Untuk menanamkan nilai kepedulian dan keikhlasan pada anak-anak, Dompet Dhuafa mengadakan Qurban Goes To School yaitu program edukasi yang mengajarkan nilai-nilai tersebut sekaligus sosialisasi THK. Program tersebut ditujukan kepada siswa-siswi TK hingga SMP.
 
Edukasi disampaikan dengan cara mendongeng karena menyenangkan dan dapat diserap dengan baik sehingga mendapat respon yang baik dari para siswa.
 
Program edukasi dan sosialisasi tersebut akan dilakukan di berbagai sekolah di daerah Jabodetabek hingga 22 September mendatang.

Baca juga: Jokowi berikan 38 ekor sapi untuk Idul Adha 1444 Hijriah

Baca juga: BAZNAS salurkan kurban di wilayah 3T dan bantu atasi stunting

Baca juga: Menag: Kolaborasi bangun bangsa jadi semangat ibadah kurban tahun ini

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023